Jakarta,Suararepublik.news –  Desember 2019, Suara Republik News,Wirausaha adalah suatu proses   dimana seorang belum mempunyai usaha hingga memiliki usaha, setelah punya usaha  dapat mengembangkan usahanya setelah mengembangkan usahanya, maka mulai merekrut karyawan sehingga membuka lapangan pekerjaan baru dan mengurangi pengangguran menurut Subhan Harie yang sekaligus founder /ketua umum komunitas wirausaha pemula nusantara. Mulai dari ide yang dapat dinikmati oleh kalangan orang banyak dengan cara menjualnya sehingga muncul Banyak ide-ide yang dapat dihasilkan dari mulai menciptakan produk makanan, obat, tas, dan lain-lain.

 Saat ini wirausaha yang sedang digeluti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah wirausaha berbasis online, dengan berbasis online konsumen akan mendapatkan kemudahan dengan membeli produk tanpa harus keluar rumah, tidak hanya konsumen tetapi para wirausahawanpun juga diberi kemudahan dengan mengenalkan produk mereka kepada masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan ini WPN dengan mengusung tema “Memajukan Indonesia Dengan Wirausaha Dalam Revolusi Industri 4.0” yang lokasi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tiga Pesona lantai 2, RT 011, RW 003, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (24/11/2019).

Pada acara ini WPN menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai bidang usaha, acara WPN ini juga mengharapkan lahirnya jiwa-jiwa usahawan muda yang dapat membantu menstabilkan perekonomia negara. Menurut Founder WPN dan juga pemilik dari Taman Laskar Ilmu Subhan Harie, M.Pd, kegiatan seminar kali ini melibatkan berbagai macam narasumber dari berbagai bidang agar masyarakat dapat terbangun untuk membuat usaha.

 Konsep seminar dengan tatap muka dinilai sangat berpotensi untuk menumbuhkan semangat jiwa berwirausaha, dengan tatap muka, para audience dapat melihat langsung wirausahawan dan produk yang mereka ciptakan seperti Rahma Yulistiana Owner Yayasan dan PT. Adzkar Grup, Zulfan wirausaha Aceh Cara melejitkan omset dengan Market Place E-Commerce, Cicilia Dmayanti dengan materi wirausaha di industri 4.0, Heni wirausaha dari Lombok dengan presentasi usaha tas rajutnya dan juga ada pembicara Angga dan Tim PT. Gunanusa (Materi ISO manajemen mutu), Iskandar, Bekasi dari PT. Vermin, Biasa dikenal Obat Tipes dari Cacing, dan terakhir ditutup dengan pembicara Ihsanul Hakim dari Bekasi (Bahagia dengan Koperasi).

Subhan Harie juga menyampaikan cara membuat usaha, mengembangkan usaha, dan cara berbicara didepan umum, yang dimana materi ini juga penting untuk para wirausahawan dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat. Seminar yang dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat dan usahawan pemula yang semakin memperhidup acara. Seminar WPN juga dapat dihadiri dengan online yaitu melalui cisco webex yang dimanapun dapat dijangkau dengan menggunakan internet melalui aplikasi cisco webex.

 Dengan menggunakan sistem seminar online dapat memperkenalkan dunia online yang dapat digunakan untuk berwirausaha. Pada seminar WPN kali ini juga mempersilahkan kepada masyarakat golongan muda untuk dapat berpartisipasi menjadi moderator dalam seminar tersebut, hal ini dimaksudkan untuk melatih para golongan muda untuk belajar public speaking yang diadakan WPN dalam pelatihan wirausaha ( harie}