Suara RepublikNews РPematang Sawa РUntuk membuka kembali akses jalan yang terputus akibat tergerus banjir, warga Pekon Waynipah, Kecamatan Pematang Sawa bergotong royong membuat jembatan darurat dari pohon kelapa. Mingu (4/10)

Muhizar, aparatur pekon waynipah mengatakan, jembatan Way Pampangan penghubung pekon waynipah dengan pekon telukbrak dan pekon karangbrak. Bulan September kemarin hanyut tersapu banjir.

Menurutnya, selama ini warga mengunakan jalur bibir pantai, untuk ke pekon waynipah dan sebaliknya. “Alhamdulillah hari ini jembatan darurat tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda dua, sementara untuk kendaraan roda empat belum bisa, dan masih akan diupayakan untuk bisa dilalui, jelasnya.

Camat Pematang Sawa, Agus Somad, Via pesan whaatshaap mengatakan, dia sangat mengapresiasi keinginan warga membangun kembali jembatan tersebut secara swadaya.

Dia juga mengatakan, pihak kecamatan sudah menyampaikan proposal ke Dinas PUPR Tanggamus, dan berharap tahun 2021 dapat dibangun jembatan permanen.

“Mengingat jembatan tersebut sangat vital, dan stu-satunya jalur alternatif menghubungkan wilayah bagian selatan Kecamatan Pematang Sawa, jelas Agus Somad kepada SuararepublikNews.(Suhaili)