gambar ilustrasi

Jakarta, Suararepublik.news — Hujan ¬†guyur Jakarta pada Minggu (2/2) pagi menyebabkan genangan air di sejumlah tempat.

Akun Twitter @TMCPoldaMetro mengungkap sejumlah titik di DKI Jakarta tergenang banjir akibat hujan dengan ketinggian air mulai 10-50 sentimeter (cm).

Beberapa titik banjir di Jakarta Jalan Bungur Raya Kemayoran Jakarta Pusat dengan ketinggian air 20-30 cm.

Sementara di wilayah Jakarta Selatan tepatnya di Perempatan Kuningan Jalan Gatot Subroto air menggenang 10 sampai 20 cm.

Dan yang paling tinggi, air menggenang di depan Istana Negara Republik Indonesia Jalan Merdeka Utara Jakarta Pusat, yaitu ketinggian 40-50 sentimeter. Warga yang mengendarai sepeda motor dan roda empat diimbau untuk berhati-hati.

Sebelumya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mewaspadai intensitas hujan sedang hingga lebat pada Sabtu (1/2).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan wilayah yang berpotensi turun hujan dengan intensitas tersebut di antaranya Sepatan, Mauk, Pakuhaji, Teluknaga, Kosambi, Tangerang, Benda, dan Batuceper.

“Kemudian, Jati Uwung, Pasarkemis, Rajeg, Kronjo, Kresek, Balaraja, Cikupa, Kalideres, Penjaringan, Cengkareng, Tambora, Grogol Petamburan, Tamansari, dan Pademangan,” kata Agus melalui keterangan resmi, dikutip (1/1).

Intensitas hujan sedang hingga lebat juga diperkirakan terjadi di daerah Kembangan, Cipondoh, Ciledug, Curug, Pondok Aren, Kebon Jeruk, Palmerah, Cilandak, Kebayoran Lama, dan Pesanggrahan. (m)