Jakarta, Suararepublik.news — Tiga pesawat pembawa warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China  Kepulauan Riau, Minggu (2/2). Mereka akan dikarantina selama dua pekan untuk memastikan tidak ada virus corona.

Seluruh WNI diangkut dalam tiga pesawat milik Hercules A-1315 dan dua pesawat Boeing AL-7304 dan A 7306. Pesawat tersebut terbang dari Bandara Hang Nadim, Batam setelah sebelumnya menempuh perjalanan dari China.

Para WNI tersebut diangkut dengan pesawat komersil dari China Minggu pagi. Usai pemeriksaan kesehatan dan menjalani prosedur kekarantinaan, mereka langsung diberangkatkan lagi ke Natuna.

Di Natuna, para WNI ini akan dikarantina selama dua pekan sebelum kembali ke daerah masing-masing.

Pengamanan ketat diterapkan di area Lanud Raden Sadjad Ranai. Saat proses menurunkan WNI, tidak ada yang boleh melintas atau pun memasuki kawasan lanud.

Pihak Istana Kepresidenan melalui Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi) Fadjroel Rachman memastikan semua Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China dalam kondisi sehat.

“Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO,” kata Fadjroel, Minggu (2/2).

Sebanyak 243 WNI dipulangkan dari Wuhan, China setelah pemerintah Tiongkok mengizinkan warga asing di kota yang terisolir karena virus corona dipulangkan ke negara masing-masing.(m)