Suararepubliknews, Polres Bandara Soeta, KotaTangerang-Pengungkapan Tindak Pidana Pencurian Dengan kekerasan”BEGAL” di Polres Kota Bandara Soekarno Hatta yang di gelar pada hari Senin tgl 27/07/2020.

Pada hari Rabu tanggal 01 juli 2020 sekitar pkl,02.15wib,Korban sehabis pulang kerja menggunakan sepeda motor Yamaha Xeon warna hitam merah.

Saat melintas di jalan perimeter utara Bandara Soekarna Hatta tiba-tiba di hadang oleh 6(enam)0rang tak di kenal,mereka mengendarai 3 (tiga) kendaraan bermotor yang berboncengan dari arah berlawanan dan mengeluarkan senjata tajam berupa celurit dan parang mengancam untuk menyerahkan kendaraan milik sang korban a/n Muhammad Yusup.

atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp.7000.000,-(tujuh juta rupiah) dan korban langsung melaporkan kejadian ke Polres Bandara Soetta.

Pelapor:

MUHAMMAD YUSUF, Laki-laki,Usia 37 thn,bekerja di wilayah lingkungan Bandara Soetta,Islam,beralamat di Selapajang Kec,Neglasari,Kota Tangerang.

Adapun Otak dari pembegalan tersebut anak di bawah umur,

yang mengajak sekaligus menodong korban dan menjual barang hasil kejahatan mereka.

melalui Onlien.

Team Garuda Sat- r.

Reskrim Polres Bandara Soetta yang di pimpim lansung oleh Kasat Reskrim, KOMPOL A ALEXANDER,S.H.,S.IK.,M.M.,M.SI.menegaskan,Ini lah Nama-Nama para tersangka:

1. AS bin BW,14 thn tidak sekolah yang beralamat di Kampung Rawa lumpung Rt.007/005, Kel. Selembaran jati Kec.Kosambi Kabupaten Tangerang.

Berperan sebagai orang yang mengajak para tersangka lainnya untuk melakukan aksi pencurian dengan kekerasan.

– Melakukan pengancaman terhadap korban menggunakan celurit yang di bawa dari rumah

– Menjual motor Yamaha Xeon warna hitan merah hasil curian melalui Onlien kepada Sdr.R(DPO) dengan harga Rp.1.000,000(satu juta rupiah)di daerah cengkareng, Jakarta Barat.

2.A S alias B bin M, 19 thn yang beralamat di Rt.01/05 kel.Kosambi Timur Kec,Kosambi Kabupaten Tangerang.

Yang berperan sebagai pengendara atas 1 Unit motor Yamaha Vega ZR warna hitam No pol. B-6714-CPS untuk membonceng tersangka 1 dan yang kemudian bertugas untuk menghadang laju korban dari arah depan dengan menggunakan motor Yamaha Vega ZR warna hitam No pol B-6714-CPS.

3. R Als B bin N, 20 thn pegawai perusahaan yang beralamat Jln,Kebon Mangga Rt 02/14 kel.Kampung Melayu Timur, Kec.Teluk Naga Kabupaten Tangerang.

Berperan sebagai pengendara atas 1Unit motor Vario warna putih No pol. A-3126-ZG atas Nama Winarsih untuk membonceng Tersangka 4 dan menghadang laju korban dari sebelah kiri dengan mengeluarkan senjata tajam berupa Parang yang sudah di siapkan.

4. D Als C,  20 thn karyawan bengkel motor ,beralamat Jln,Dadap Rt 14/02 Kel.Kosambi Timur,Kec,Kosambi Kabupaten Tangerang.

Peran:

Membonceng Tersangka 3 yang menggunakan motor Honda Vario warna Putih untuk menghadang laju korban dari sebelah kiri.

Pada saat dilakukan penangkapan, para pelaku mengaku sebagai anak di bawah umur (Berumur kurang dari 18 thn), akan tetapi setelah di lakukan pengecekan dokumen kependudukan berupa kartu keluarga (KK) Dan Dokumen Pendidikan (Ijasah), hanya satu tersangka yang palit berstatus anak berkonplik dengan hukum (ABH) sebagai tersangka.

Perlakukan Penegakan Hukum Terhadap Anak Sebagai Tersangka Tetap Memperhatikan Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 Perlindungan Anak Dan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak” Tegas Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno Hatta,Kompol A Alexander, S.H.,S.IK.,M.M.SI.

Sangkaan pasal:

Tindak pidana dengan kekerasan sebagaimana dimaksud dalam pasal 365 ayat(2)ke-1,ke-2KUHPidana

“Diancam dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun:

1.Jika perbuatan di lakukakan pada waktu malam di dalam sebuah rumah atau pekarangan tertutup yang ada rumahnya agar di jalan umum atau didalam kereta api atau tren yang sedang berjalan;

2. Jika perbuatan dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu.dan/atau pasal 363 ayat (1)ke-4KUHP.

4. Pencurian yang dilakukan oleh dua orang atau lenih dengan bersekutu.

Hukuman maksimal 12(dua belas)Tahun penjara.

(Margareth)