Suararepublik.news – Penyedotan tambang pasir darat daerah Desa Pangke Barat Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun memakan korban salah seorang pekerja penyedot tambang pasir darat atas nama Larudi Mangngadda beralamat Guntung Punak RT 02 RW 03 Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Barat, Selasa (23/6/20) pukul 15.00 WIB sore tadi.

Dalam kejadian Fitriyono dan Badrun sebagai saksi kejadian menerangkan, korban bernama Larudi Mangngada lokasi kejadian, bermula korban yang berkerja di penyedotan tambang pasir darat yang sedang melakukan penyedotan pasir dibagian bawah kolam pasir.

Sedangkan dilokasi kejadian mereka berdua bertugas diatas untuk menunggu pasir yang disedot, namun selang berapa lama mereka menunggu dari atas untuk sedotan pasir dari sikorban tidak kunjung naik keatas.

Salah seorang dari mereka mengecek kebawah untuk melihat penyedotan dari korban, namun setelah di cek kebawah dalam kolam lubang galian penyedot pasir, namun naas sikorban sudah tertimbun galian penyodot pasir darat yang mereka kerjakan.

Setelah kejadian tersebut, sikorban langsung dibawa ke Rumah Sakit Muhammad Sani Karimun, setibanya dirumah sakit, nyawa sikorban sudah tidak bisa tertolong lagi dan dinyatakan sudah meninggal dunia.

Saksi yang mengetahui pertama kali :

Nama : FITRIYONO

TTL : Gemuk Rejo / 18.05.1989

Jenis Kelamin : Laki-laki

Pekerjaan : Swasta

Agama : Islam

Alamat : Guntung Punak RT 02 RW 03 Kel. Darussalam Kec. Meral Barat Kab. Karimun

Nama : BADRUN

TTL : Lampung / 22.08.1985

Pekerjaan : Swasta

Agama : Islam

Alamat : Pangke Barat

– Korban : LARUDI MANGNGADDA, TTL Allupang / 07.07.1982, Islam, Petani, Guntung Punak RT 02 RW 03 Kel. Darussalam Kec. Meral Barat Kab. Karimun

– TKP : Lokasi Tambang Pasir Desa Pangke Barat Kec. Meral Barat Kab. Karimun

– Waktu Kejadian Kecelakaan Kerja :

Pada hari Selasa tanggal 23 Juni 2020 sekira pukul 15.00 Wib

Kronologis Kejadian : Pada hari Selasa tanggal 23 Juni 2020 sekira pukul 15.00 Wib di Lokasi Tambang Pasir Desa Pangke Barat Kec. Meral Barat Kab. Karimun Korban LARUDI MANGNGADDA dan bersama Saksi FITRIYONO serta Saksi BADRUN sedang melakukan kegiatan sedot pasir di Lokasi Tambang Pasir Desa Pangke Barat Kec. Meral Barat Kab. Karimun, Korban LARUDI MANGNGADDA betugas di bagian bawah kolam pasir sedangkan  Saksi FITRIYONO dan Saksi BADRUN bertugas di bagian atas menunggu pasir yang disedot, tidak lama kemudian pasir yang di sedot tidak naik ke atas lalu Saksi FITRIYONO dan Saksi BADRUN pergi turun ke bawah kolam dan melihat Korban LARUDI MANGNGADDA sudah dalam kondisi tertimbun pasir longsor lalu  Saksi FITRIYONO dan Saksi BADRUN serta di bantu pekerja lainnya mengeluarkan  Korban LARUDI MANGNGADDA dari timbunan pasir dan selanjutnya di bawa menuju ke Rumah Sakit Muhammad Sanni Kab. Karimun saat tiba di Rumah Sakit Muhammad Sanni Kab. Karimun Korban LARUDI MANGNGADDA sudah Meninggal Dunia.( SRN/Iq )