Doloksanggul, Suarareupublik.news – Orang nomor satu dan  paling berperan menjalankan peraturan Desa adalah Kepala Desa Marbun Tonga Dolok kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan Dahlan Banjarnahor  dalam menjalankan pemerintahan.

Desa beliau selalu mementingkan diri sendiri,sebagai contoh dia melangkahkan program Desa beliau mengutamakan keluarganya sendiri seperti keluhan masyarakat setempat dan sebagai narasumber in- formasi  menyangkut di segala bidang terutama pegawai kantor Desa harus kemauanya sendiri.

  Sebagai contoh nyata SEVEN BAJARNA HOR adalah adek kandungnya beliau bersama PERIANG BANJARAHOR Juga arek beliaubersama MARLUHUT BANJARNA HOR Juga adek kandung beliau ujar nara sumber. Ditambah lagi sebagai pemegang Kepala Seksi Pemerintahan yang kosong diisi oleh anaknya sendiri yang bernama DETROIT KRISTIANUS BANJARNAHOR.

Dan Tim Suara Republik beberapa kali mengunjungi guna konfirmasi Kantor Desa tidak pernah buka, sehingga menggangu pelayanan desa dan banyak warga mersa kecewa jika mengunjungi kantor.

  Dari struktur UU Desa sudah diduga orang yang mengetahui terjadi persekong kolan di pemerintahanya sebagai kepala Desa Marbun Tonga Dolok. Disini bisa diduga dengan berbagai macam cara oknum Kades untuk memenangkan Detroit Banjarnahor sebagai bukti 2 orang adek kades adalah Panitia penyaringan Aparat Desa disini juga terkait pengawasan Badan Permusyaratan Desa (BPD) kepada

Pemerintahan Desa,yang kerja di kantor Desa satu keluarga sejulah 5 orang

  Masyarakat memohon Camat baktiraja dan juga  DPMDP2A dan yang berkaitan mengkaji ulang tentang Struktur pemerin tahan Desa sehingga kantor Desa tidak pernah buka alias mati suri dan di sisi lain perlu di pertanyakan semenjak adanya ADD sampai saat ini Operasional Kantor Desa TA 2019 berkisar 42 000.000 empat Puluh Dua Juta Rupiah,sementarabila ditinjau Kantor Desa Marbun Tonga Dolok  sangat memprihatinkan .

 Dahlan Banjarnahor sepertinya Kebal Hukum atau kemungkinan tidak bisa di sentuh Hukum yang berlaku. Narasumber warga setempat yang tidak mau diekspos nama dan karyanya.(j Purba)