Kabupaten Sukabumi, SuaraRepublik.News – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri, membuka Pelatihan bagi Geopark Ranger CPUGGp di Hotel Augusta Palabuhanratu, Rabu (29/07/20).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten, Usman Jaelani melaporkan, sebanyak 20 orang yang berasal dari kawasan wisata geopark mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pemandu wisata geosite ( Ranger ), dengan tujuan, Untuk meningkatkan pelayanan, mewujudkan sapta pesona.

” Kegiatan ini, juga meningkatkan kemampuan dan profesionalisme, serta ikut berperan aktif mempromosikan daya tarik wisata di Kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya, SekDa menyampaikan, pariwisata saat ini menjadi salah satu program unggulan Pemkab Sukabumi yang dapat mendorong sektor-sektor lainnya .

” Pemerintah akan terus berupaya melakukan berbagai langkah, berupa penetapan kebijakan pembinaan dan pendampingan, bagi dunia usaha, juga masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan pariwisata di Kabupaten Sukabumi”.

Lanjut, H. Iyos Somantri menerangkan, pemandu wisata geosite (ranger) adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan didalam pengembangan kawasan geopark.

” Oleh karena itu, keberadaannya sangat diharapkan untuk berkolaborasi dan bersinergi membangun Geopark Ciletuh Palabuhanratu”.

Selain itu, SekDa juga mengatakan, pemberian pelayanan terbaik pada para wisatawan harus dilakukan oleh para petugas dan penggiat pariwisata, semuanya harus dapat berjalan sesuai dengan kapasitas masing-masing. ( HP )