Suararepublik.news, Sambas – Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif Mekanis 643/WNS  melakukan sosialisasi mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sambil membagikan masker kepada masyarakat di perbatasan. Sosialisasi PPKM dan pembagian masker secara gratis dilakukan serentak di wilayah Koki SSK I Sajingan, Kabupaten Sambas.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, Jumat (16/7/2021).

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/7/2021), Dansatgas mengatakan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini semakin meningkat, telah memerintahkan seluruh jajaran Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS untuk melaksanakan edukasi/sosialisasi kepada warga masyarakat perbatasan mengenai PPKM yang sedang diberlakukan oleh pemerintah.

“Kami tidak akan pernah bosan-bosannya untuk melakukan sosialisasi mengenai PPKM dan imbauan protokol kesehatan kepada masyarakat agar dapat membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Sebelum mensosialisasikan mengenai PPKM, personel Satgas membagikan masker gratis kepada warga dengan tujuan kedepannya setiap aktivitas yang dilakukan oleh warga agar selalu memakai masker dimanapun berada.

Di tempat terpisah,  Lettu Inf Frelly selaku Dan SSK I Sajingan mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan agar para masyarakat perbatasan Indonesia- Malaysia mengetahui adanya pembatasan aktivitas warga diluar rumah, apa yang harus dilakukan guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19) serta mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan dan yang terakhir mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil jika sudah terkena dampaknya.

“Kami ingin mengingatkan kepada seluruh masyarakat perbatasan khususnya wilayah binaan jajaran SSK I Koki Sajingan bahwa dengan adanya PPKM ini maka aktivitas warga di luar rumah harus dibatasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M harus disiplin dilakukan, sebagai upaya perlindungan utama dari paparan Covid-19,” ucap Lettu Inf Frelly.

Setelah selesai menerima sosialisasi mengenai PPKM ini Bapak Zakarias warga Aruk mengucapkan terima kasihnya kepada personel TNI dan semakin mengerti untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah yang melibatkan banyak orang demi kesehatan diri sendiri dan keluarga.

“Terima kasih banyak atas kepedulian Bapak TNI kepada warga binaannya yang telah mau memberikan masker gratis dan menyosialisasikan mengenai PPKM ini.” pungkasnya. (Dispenad)