Suara Republik.News.Pentak Lanud Sam Ratulangi Manado,  Rumah Sakit Pangkalan TNI AU (Lanud) Sam Ratulangi Manado Sulawesi Utara, mulai bersiap-siap kembali melaksanakan pelayanan kesehatan bersifat nasional yakni Serbuan Vaksinasi, berlokasi di Gedung Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi,  Lapangan, kecamatan Mapanget, Sulut, Minggu (25/07/2021).

Kepala Rumah Sakit TNI AU Sam Ratulangi Manado, dr. Ahmad Fauzi telah merilis pamflet dengan judul tulisan menyolok dan bersifat mengajak, “Kami Melayani Serbuan Vaksin Dosis Pertama, dan Vaksin Dosis Kedua”.

Pamflet ini berisikan informasi tentang Serbuan Vaksinasi kepada masyarakat luas. Meminta kesediaan seluruh anggota “Tentara Langit” Lanud Sam Ratulangi untuk memancarkan ke seluruh grup WA yang diikuti. Dengan harapan, informasi ini akan menjangkau berbagai lapisan masyarakat Sulawesi Utara. “Mohon ijin bantu share. Khusus untuk giat vaksin tanggal 26 Juli hanya untuk suntikan dosis pertama, sedangkan untuk suntikan dosis kedua mulai Selasa tanggal 27 Juli sampai dengan 4 Agustus 2021. Registrasi dibuka mulai jam delapan sampai jam dua belas Wita. Terima kasih”, demikian Kepala Rumah Sakit TNI AU Sam Ratulangi menjelaskan kepada Penerangan Lanud Sam Ratulangi Manado. “Disamping kegiatan Serbuan Vaksinasi ini, dengan jumlah Nakes yang tersedia rumah sakit TNI AU tetap melayani pemeriksaan kesehatan masyarakat melalui poli kesehatan yang ada. Tenaga kesehatan akan bekerja sepenuh hati untuk membangun imunitas bangsa melalui Serbuan Vaksinasi lanjutan ini”, tandas dr. Ahmad Fauzi memastikan.

Sebelumnya, Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, S.H., Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado telah menginstruksikan kepada beberapa satuan kerja agar mempersiapkan kegiatan pelayanan kesehatan ini dengan baik.

“Selamat siang, salam sehat selalu. Untuk kegiatan lanjutan serbuan vaksin, mulai Senin di Balai Prajurit,  kita setting seperti yang dilaksanakan sebelumnya, tanpa ada pengurangan. Jika ada penambahan untuk konteks yg lebih baik, oke!!” perintah Galaxy (callsign komunikasi radio di Lanud Sam Ratulangi) bagi Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado.

“Tim Nakes, siapkan mental & fisik. Vaksin yang akan dipakai, hitung dan pastikan jumlahnya. Segera ajukan penambahan ke Kodam atau Dinkes terkait, jika kurang. Meja dan kursi2 diatur seperti sebelum2nya, baik di luar maupun dalam. Senkom (Sentral Komunikasi) digelar seperti sebelum2nya, siapkan layar proyektor, untuk Vicon dan pemutaran video serta musik. Site parkir atur yang rapi dan tertib seperti biasanya, area depan balai prajurit clear dari kendaraan2. Personel pendukung yang terlibat seperti sebelumnya, efektif dan efisien. Site meja pendaftaran upayakan tidak kosong. Harus ada yg mengarahkan masyarakat jika kebingungan. Yanpers, disiapkan ransum seperti biasanya serbuan vaksin di balai prajurit. Banner2 yg diperlukan disiapkan dan digelar di balai prajurit. Jika ada booth utk masyarakat berfoto setelah suntik vaksin, desainkan dan cetak. Bismillah, serbuan vaksin kali inipun semoga berjalan dengan sukses. Aamiin YRA.Terima Kasih”, instruksi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo.

Kegiatan Serbuan Vaksinasi dapat dijangkau oleh masyarakat dengan cek poin Kantor Satuan Polisi Militer TNI AU Lanud Sam Ratulangi.  Gedung Balai Prajurit tepat berada dibelakangnya. Berada tidak jauh dari pintu gerbang Bandar Udara Sam Ratulangi Manado. Lanud Sam Ratulangi senantiasa berkoordinasi dengan instansi Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dalam kegiatan nasional ini. Vaksinasi ini diarahkan untuk anak-anak usia dua belas tahun keatas, dengan tetap memberikan suntikan Vaksin kepada masyarakat usia dewasa dan lansia. Masyarakat diharapkan sudah mendaftar secara online pada https://www.vaksinhebat.idsolution.co.id/, untuk memudahkan registrasi, namun Lanud tetap melayani pendaftaran secara offline/manual.(Ifhamholid)