Kab.Tangerang.Suararepublik.news.  Dalam rangka untuk kepedulian sosial terhadap Kesehatan masyarakat Kuta Bumi sekitarnya,Rumah Sakit Ibu Anak ( RSIA ) Bunda Sejahtera adakan Seminar Awam Kenali Faktor Resiko dan Gejala Ambeien.              

Kegiatan seminar  ini di adakan di Ruang Pertemuan Rumah Sakit Ibu Anak ( RSIA ) Bunda Sejahtera Jalan Puri Agung Pondok Makmur Kelurahan Kuta Baru Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Banten,Sabtu ( 30/11/19 ).                                   

Acara seminar  di buka oleh Dr.Bondan yang di hadiri oleh dr.Ivan Rinaldy.SpB. dan peserta manajemen Rumah Sakit, khususnya masyarakat dari sekitar Kuta Bumi ,kurang lebih 55 orang peserta ikut dalam seminar ,antusiasme peserta di seminar ini sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya perttanyaan seputar masalah tentang mengenal dan pencegahan penyakit  ambeien,tak kalah menarik panitia pun menyediakan doorprize bagi peserta yang beruntung.                 

Kepala Manajemen,Dr.Bondan dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi dan menambah pengetahuan kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat sekitar ini,agar dapat menjaga kesehatan,”ujarnya.                           

Di tempat yang sama,Tini salah satu sebagai panitia meminar menyampaikan,adanya kegiatan ini merupakan suatu momen yang penting tentang pentingya kesehatan materi ini adalah salah satu dari beberapa kegiatan kita yang berkelanjutan,sebelumnya Rumah Sakit Ibu Anak Bunda Sejahtera mengadakan seminar tentang pencegahan tumor payu dara,”saya berharap masyarakat sekitar dapat mengetahui lebih dini mengenai pencegahan dan penanganan tentang ambeien,serta masalah dan tantangan yang terkait,”imbuh Tini.                  

Sementara Ketua Panitia seminar,Selly Apriani mengatakan,”Alhamdulilah,seminar ini dapat diselenggarakan dengan baik,ini semua berkat kerja sama keras kita semua saling bersinergi satu sama lain,saya berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terkait kesehatan diri,keluarga dan lingkungan sekitar,”kata Selly.                                  

Kegiatan seminar di pandu oleh ,dr Ivan Rivaldy.SpB,sebagai nara sumber dengan materi,”mengenali Faktor resiko dan gejala Ambeien,” dr.Ivan menjelaskan,penyakit ambeien ( Hemoroid/Wasir ) sangat sering di temukan di masyarakat dalam buku panduan penyuluhanya definisi Hemoroid ( wasir/Ambeyen ) berasal dari kata,” Haima,”dan ,”Reo,” adalah pembengkakan jaringan yang mengandung pembuluh balik ( Vena ) dan yang terletak di dingding rektrun dan anus,adapun gejala terdapat benjolan di daerah dubur,dubur terasa bgeri dan panas,dubur terasa gatal,keluar darah segar sast buang air besar,buang air besar seperti tidak tuntas,sedangkan pencegahanya harus mengkomsumii makanan yang kaya akan serat untuk melunakan tinja dan meningkatkan jumlah yang di keluarkan,minum banyak cairan minumlah enam hingga delapan gelas air,jangan mengejan berlebihan,segera buang air besar jika sudah merasa ingin,berolah raga,hindari duduk terlalu lama,hindari mengangkat benda berat dan jika hamil tidurlah miring,”jelas Ivan Rinaldy dalam bukunya. (Fredy ).