Suararepublik.news – DPRD Karimun memulai kegiatan reses masa sidang I tahun 2021. Sebanyak 30 anggota dewan mulai menjaring aspirasi masyarakat ke Dapil masing-masing,” Senin (15/2/2021).

“Reses ini merupakan kegiatan para anggota DPRD di luar gedung, untuk menjaring aspirasi masyarakat di Dapilnya masing-masing,” ujar Sekretaris Dewan (Sekwan) Karimun, Edie Muar.

Dijelaskannya, untuk reses masa sidang pertama tahun 2021, seluruh anggota DPRD Karimun akan melaksanakan kegiatan di 6 titik sesuai Dapil masing-masing.

Reses masa sidang I-2021 ini, berbeda dari reses sebelumnya karena untuk masalah konsumsi (makan minum) saat reses langsung ditangani penyedia konsumsi yang menang lelang.

“Anggota dewan yang reses tak perlu repot-repot lagi memikirkan masalah konsumsi di setiap kegiatan reses karena sudah disiapkan semuanya dengan jumlah maksimal setiap titik sebanyak 75 orang atau 450 orang untuk 6 titik,” jelas Edie Muar.

Selain itu anggota dewan yang reses ,tidak lagi diberikan biaya untuk kegiatan resesnya seperti sebelumnya, tetapi dalam reses kali ini, anggota DPRD Karimun hanya mendapatkan tunjangan sekitar Rp 8,9 juta per orang.

Sementara Herman Akham, salah satu anggota DPRD Karimun, Dapil IV (Meral, Meral Barat, Tebing) membenarkan, dia bersama anggota dewan lainnya memulai reses hari ini. “Saya memulai reses di Kecamatan Meral dengan pembatasan jumlah yang hadir karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” ujar Politisi Golkar, itu.

Menurutnya, kegiatan reses sekarang ini sangat berbeda dengan reses sebelumnya karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan semua wajib mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Sambungnya, reses ini sangat perlu dilaksanakan anggota DPRD karena sebangai sarana mendengarkan aspirasi yang ingin disampaikan warga untuk kemudian diperjuangkan melalui DPRD Kabupaten Karimun.

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19 cepat berakhir, khususnya di Kabupaten Karimun, sehingga pada reses berikutnya jumlah warga yang hadir pada setiap kegiatan tidak dibatasi lagi seperti sekarang ini,” harapnya. Bt/Srn