Jakarta ,Suara Republik News, Wabah virus corona covid-19 masih berlangsung di Indonesia. Jumlah pasien positif terus meningkat. Hingga Kamis (16/5/2020), ada 5.516 orang yang yang terjangkit di Indonesia dengan korban jiwa 496 orang. Rapid Test Corona Covid-19 Tersedia Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu (Ist) Virus corona Covid-19 ini pun menyerang tanpa pandang bulu, semua orang berpotensi untuk tertular. Dari pejabat, artis hingga rakyat biasa. Berbagai cara sudah dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19 ini.

Salah satunya dengan melakukan deteksi penularan Covid-19 sedini dan semasiseperti dikutip dari mungkin. Diantaranya dengan melakukan Rapid Test Covid-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengab Homecare24, penyedia layanan kesehatan ke rumah terdepan di Indonesia, mengadakan program Rapid Test Virus Corona Covid-19 gratis.seperti dikutip dari liputan 6 .com, Dimana salah satu sasaran dari program ini yaitu untuk kalangan masyarakat kurang mampu. Theresia Lumban Gaol selaku CEO Homecare24 mengatakan program Rapid Test gratis bersama Kemenkes RI ini merupakan bentuk kepedulian Homecare24 terhadap penanganan wabah Covid-19 di Indonesia.

Program Rapid Test Covid-19 gratis oleh Homecare24 dan Kemenkes RI ini, merupakan bagian dari upaya untuk membantu pemerintah dalam pendeteksian dan penanganan penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia. Homecare24 ingin membantu pemerintah, dalam hal ini Kemenkes RI, agar pemeriksaan Rapid Test Covid-19 bisa dilakukan secara masif, termasuk bagi mereka yang kurang mampu dan membutuhkan,” ujar Theresia.

Masih menurut Theresia, program ini juga untuk membantu pemerintah untuk mengetahui pola penularan Covid-19 di Indonesia yang selama ini lebih banyak terdeteksi diderita oleh kalangan menengah ke atas. “Apakah ini karena masyarakat kurang mampu minim dalam mendapatkan akses Rapid Test Covid-19 mungkin karena faktor biaya? Sehingga data mereka yang terdeteksi terpapar Covid-19 juga minim. Atau karena ada faktor lain? Itu yang ingin kami ketahui,” tambah Theresia.

Program Rapid Test Covid-19 Gratis oleh Homecare24 dan Kemenkes RI ini dilakukan dengan melibatkan perawat profesional Homecare24 yang sudah terlatih dan tersertifikasi. Program ini juga di bawah pengawasan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sehingga pelaksanaan Rapid Test Covid-19 serta hasilnya bisa terjamin keakuratannya. Program Rapid Test Covid-19 gratis dilaksanakan dengan mendatangi langsung beberapa lokasi di mana masyarakat kurang mampu. Ada juga peran serta dari Kementerian Kesehatan RI yang mendampingi selama pelaksanaan Rapid Test Covid-19 oleh Homecare24 ini. Selain itu program Rapid Test Covid-19 ini juga melibatkan organisasi (ring-o)