Pulau Buru,SuaraRepublik.News – Polres Buru melakukan  Razia para penumpang KM. DORO LONDA oleh Anggota gabungan Intelkam, Reskrim dan Sabhara Polres P. Buru. Operasi tersebut di lakukan Pada hari Selasa tanggal 10 Desember 2019 pukul 20.00 wit bertempat di Pelabuhan Besar Desa Namlea Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Dari hasil konmfirmasi awak media ini dengan kasubag Humas polres Buru IPDA Zulkifli Asri S.IP via WhatsApp membenarkan kejadian tersebut.

Turut hadir dalan giat tersebut yakni, Kasat Intelkam polres Buru Kasat Reskrim polres Buru, Anggota Intelkam polres Buru, Anggota Reskrim polres Buru, Anggota Sabhara polres Buru. Dalam kegiatan tersebut Anggota polres Buru melakukan pemeriksaan barang bawaan para penumpang yang turun maupun naik dari kapal, namun tidak ditemukan barang terlarang oleh para penumpang maupun kontener yang turun dari KM. DORO LONDA.

Adapun Sasaran sasaran Razia yaitu, Senjata Api/ Senjata Tajam, Mercury, Cianida, dan bahan kimia lain yang dimanfaatkan untuk giat penambangan emas, Narkoba dan minuman keras. Lanjut, selesai giat tersebut KM DORO LONDA bertolak dari pelabuhan Namlea menuju pelabuhan Yos Sudarso Kota Ambon situasi aman terkendali.dan tidak di temukan jenis barang yang terlarang.

Sekitar pukul 01.15 wit  KM. TIDAR masuk dan sandar di pelabuhan besar Desa Namlea Kec. Namlea Kab. Buru pada saat itu juga anggota polres Buru melakukan pengeledahaan di Pelabuhan Namlea, Pada saat melakukan pengeledahan Anggota mendapati Seorang buruh angkut yang membawa koper hitam merek POLLO yang di curigai di gunakan untuk mengangkut/menyimpan Air Raksa (MERCURY) .

Dan setelah di periksa barang bawahan tersebut di dapati  dalam koper, tersimpan 3 botol Aqua sedang yang di dalamnya terdapat Air Raksa  (MERCURY) dan menurut  pengakuan dari saudara Mas ut bahwa Air Raksa tersebut di dapati dari saudara DIAN ARIANTO yang sementara menungu di tempat parkir mobil pelabuhan laut Namlea, selanjutnya berdasarkan pengakuan dari saudara Mas ut anggota pun menuju tempat parkir dan setelah sampai di tempat pakrir di dapatilah 3 orang yang sedang duduk di dalam mobil HILLUX single cabin dengan No Pol DE 8906 D.

Dan setelah di geledah di dalam mobil di dapati kembali 11 botol Aqua yang di bungkus dengan tas samping yang di dalamnya terdapat Air Raksa (MERCURY) yang di akui milik saudara DIAN ARIANTO. Setelah di interogasi masih ada 1 buah botol Aqua lagi di seorang buruh Angkut yang inisial UB.

Setelah di dapati informasi tersebut anggota pun mendatangi rumah saudara Ulman pada pukul 05.10 Wit dan di rumah saudara Ulman di dapati 1 botol Aqua yang berisikan Air Raksa (MERCURY) yang di letakan di samping tas warna hitam Biru.

Adapun barang-barang yang turut di amankan anggota polres Buru terkait Air Raksa (MERCURY) di antaranya, 15 Botol Aqua sedang, berisikan MERCURY dengan berat kurang lebih 118 Kg, 2 buah koper hitam merek POLLO, 1 Unit Mobil Hilux single cabin Nopol DE 8906 D, 1 Unit Motor MIO J Putih dengan Nopol DE 2091 LR, 15 buah tas pingang, 5 buah Hp dengan merek berbeda beda dia antaranya ,1 buah hp merek samsung lipat.,1 buah hp merek Realme, 1 buah hp merek siaomi, 1 buah hp merek iphone 6+, 1 buah hp merek Samsung ,Uang senilai 1 jt 300 Ribu Rupiah yang di miliki saudara DIAN ARIANTO.

Selanjutnya Ke 5 orang tersebut bersama barang bukti yang membawa Air Raksa (MERCURY) di amankan ke Polres Pulau Buru guna untuk di proses penyelidikan lebih lanjut.

Maluku.(Idris wael)