Gunungsitoli, Suararepublik.news – Kepolisian Resor Nias menggelar Apel Pergeseran Pasukan BKO dari Polda Sumut untuk Pengamanan TPS pada Pilkada serentak Tahun 2020 di Wilayah Hukum Polres Nias, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Nias, Jalan Bhayangkara No.01 Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, Senin (07/12/2020).

Polres Nias menerima Pasukan BKO dari Polda Sumut Senin Pagi (07/12/2020) sebanyak 550 Orang yang terdiri dari 430 Orang Personil PAM TPS dan 120 Orang Personil Ton tindak dari Brimob untuk Pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020 di Wilayah Hukum Polres Nias.

Dua hari Sebelumnya pada hari Sabtu (05/12/2020) sebanyak 134 Orang Personil Organik Polres Nias yang disiapkan dalam Pengamanan TPS Pilkada serentak Tahun 2020 telah terlebih dahulu dilakukan Pergeseran ke Wilayah tiga Kabupaten satu Kota di Wilayah Hukum Polres Nias.

Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, S.I.K. dalam amanatnya mengucapkan selamat datang kepada seluruh Personil BKO Polda Sumut yang di BKO kan ke Polres Nias, harapan saya kiranya rekan-rekan sekalian dapat segera beradaptasi dengan lingkungan dimana anda ditempatkan. Pimpinan Polda Sumut telah memberikan kepercayaan kepada rekan-rekan untuk membantu Polres Nias dalam pelaksanaan Pengamanan Pesta Demokrasi yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan dimana Pesta Demokrasi tersebut merupakan agenda Nasional yang wajib kita amankan tmt 07 s/d 16 desember 2020 dan ton tindak Brimob s/d 24 desember 2020.

Lebih lanjut dalam amanatnya Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan S.I.K. mengharapkan kepada seluruh Personil yang di BKO kan dari Polda Sumut yang disiapkan  dalam pengamanan di TPS – TPS, supaya betul – betul melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Pengamanan tersebut jangan di anggap sepele, laksanakan tugas sesuai dengan Prosedur pelaksanaan PAM yang berlaku. Dengan kehadiran polri di tengah – tengah masyarakat kiranya dapat menciptakan situasi yang kondusif, sehingga masyarakat dapat melaksanakan hak Demokrasinya tanpa pressure dan intervennsi oleh pihak-pihak lain yaitu memberikan hak pilihnya dengan bebas dalam Pilkada serentak Tahun 2020.

Kepada seluruh Personil yang di BKO Kan dari Polda Sumut ke Polres Nias, Kapolres Nias menyampaikan beberapa penekanan “ Supaya senantiasa meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, serta memohon Ridhonya agar Pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020 ini dapat berlangsung dengan aman, tertib, lancar, terkendali dan sukses, Jaga kondisi kesehatan rekan-rekan sekalian, pedomani serta laksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 dilapangan, karena kesehatan itulah modal utama di dalam pelaksanakan tugas, Kenali Wilayah tugas dan laksanakan tanggung jawab rekan-rekan sebaik – baiknya dengan mengedepankan Profesionalitas dan Proforsionalitas serta senantiasa bersikap tegas namun tetap Humanis dalam pelaksanaan tugas, Pegang teguh komitmen Netralitas Polri, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan Linmas, Ketua KPPS dan unsur lainnya yang terkait dalam pengamanan tersebut dan Jangan pertaruhkan masa depan Polri dan Bangsa ini hanya untuk kepentingan sesaat, mari kita laksanakan pengamanan ini dengan sebaik – baiknya sehingga dapat terlaksana dengan aman, tertib terkendali dan lancar ujarnya mengakhiri.

 Apel pergeseran pasukan BKO Polda Sumut tersebut dihadiri oleh Waka Polres Nias KOMPOL Eniali Hulu, S.H., M.H., Danyon C Brimob Tapsel KOMPOL Buala Zega, S.H., M.H., KOMPOL M. Manullang Wadanyon C Brimob Tapsel, KOMPOL Pahala Kasubdit Harwattah Polda Sumut, KOMPOL Hasoloan Simanjuntak, Kaurlip Prodok Subbid PID Polda Sumut, Kabagren Polres Nias AKP Arius Zega, S.H., M.H., Kabagops Polres Nias AKP S.K. Harefa, S.Pd., M.H., Para Kasat, Para Kapolsek Sejajaran Polres Nias, Para Padal per Kecamatan di setiap Kab/Kota dan seluruh Pers. BKO dari Polda Sumut. (ES)