suararepublik.news, Tulungagung – 12/11/2020,,Mulai Pertengahan bulan Oktober hingga pertengahan November ini, kesibukan sebagian siswa SMA Negeri 1 Rejotangan bertambah seiring rencana besar yang telah diputuskan yaitu agenda Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masa Bakti 2020/2021.

Karena dilaksanakan dalam masa pandemi, semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut  diharuskan mematuhi protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran covid-19. Pilka OSIS dilakukan melalui e-voting, selain dapat menghindari kerumunan dan mencegah penyebaran virus covid-19, implementasi e-voting dirasa lebih efektif dan efisien.

Proses pilka OSIS SMA Negeri 1 Rejotangan dimulai sejak tanggal 12 Oktober 2020.

Beberapa tahapan telah dilaksanakan, mulai pembentukan Komite Pemilihan OSIS (KPO), penjaringan bakal calon, pendaftaran calon pemilih, seleksi administrasi, Puncaknya, pemungutan suara dilaksanakan pada hari Senin, 9 November 2020.

Yang sangat membanggakan adalah bahwa semua tahapan dilakukan oleh panitia yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Rejotangan secara mandiri dengan didampingi oleh para pembina OSIS dan tim IT.

Untuk menjaga independensi, panitia khususnya petugas administrasi  IT diwajibkan membuat pakta integitas untuk menjamin asas Luberjurdil. Hal ini merupakan wadah dan sarana pendidikan demokrasi kepada siswa sebagai calon pemilih pemula dalam Pemilu atau Pilkada.

Adapun pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 1 Rejotangan yang tersaring ada dua pasang. Paslon nomor urut satu yakni Wianda Wiradyapuspitalika (Calon Ketua Umum), Ayu Wulandari (Calon Ketua 1), dan Salsabila Tahtahirani (Calon Ketua 2). Paslon nomor urut dua yakni Geysha Nur I. P. A. (Calon Ketua Umum), Kukuh Prayogi (Calon Ketua 1), dan Mutiara Nurani (Calon Ketua 2)

Dalam sambutannya Kepala Sekolah Bapak  Agung Ismiharto, S.Kom, M.Pd berharap semua siswa dapat memahami peran dan kemudian menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani. Satu suara mempengaruhi kemajuan OSIS selama satu tahun ke depan.  Dengan begitu, paslon yang terpilih benar-benar mendapatkan legalitas yang tinggi. Degan dukungan yang besar diharapkan mereka mampu menjaga dan menjalankan visi misi seperti yang telah mereka sampaikan saat kampanye, serta dapat meningkatkan kualitas OSIS SMA Negeri 1 Rejotangan.

Hasil penghitungan suara, terpilih dengan suara terbanyak adalah pasangan calon nomor urut 2, yaitu Geysha Nur I. P. A. (Calon Ketua Umum), Kukuh Prayogi (Calon Ketua 1), dan Mutiara Nurani (Calon Ketua 2).

Adapun rincian perolehan suara antara lain, paslon 1 mendapatkan 29,37% atau 242 suara, paslon 2 mendapatkan 70,63 % atau 582 suara,dan total suara syah adalah 824 suara.Dilihat dari angka partisipasinya, dari total 974 daftar pemilih tetap (DPT), suara yang masuk sejumlah 824 suara. Yang tidak memilih 150 suara……Yps/Kbt