Suararepubliknews, Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi mengikuti peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020 melalui virtual Zoom webinar pada Rabu, (16/12/2020) di Gate 19 Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi.

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia dipusatkan di Gedung Merah Putih KPK Jakarta yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Pimpinan DPR-MPR RI, para Menteri Koordinator dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan KPK, Ketua KPK, Komisioner KPK, Dewan Pengawas KPK, hingga para Penggiat Antikorupsi. Selain itu, para Kepala Daerah di Indonesia mengikutinya secara virtual.

Di Kota Bekasi, Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia diikuti Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati, Staf Ahli Wali Kota Bekasi Bidang Keuangan dan SDM Dwie Andyarini, para kepala OPD dan para Kepala Bagian.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan pentingnya pencegahan korupsi. Dimulai dari Pendidikan antikorupsi yang terus diperluas, membangun sistem guna menutup peluang korupsi juga menjadi agenda utama.

Ia pun berharap semua lembaga pemerintah mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas sehingga menutup peluang korupsi.

Lebih lanjut pemerintah terus berupaya melakukan reformasi perizinan dan pelayanan publik memperkecil tindakan korupsi. Sektor-sektor yang menjadi perhatian yang mempengaruhi sistem berusaha terutama pada sektor UMKM.

Regulasi yang tumpang tindih dan regulasinya rumit dipangkas dan sederhanakan didukung penggunaan aplikasi digital, sepertie-budgeting, e-procurement, dan e-planning.

Ia pun meyakini terhadap profesionalitas petugas hukum dalam penindakan dan pencegahan antikorupsi yang diarahkan terhadap tata kelola dan pencegahan korupsi.

Kemudian, perlunya konsistensi dan kebersamaan yang luar biasa diperlukan beragam inovasi yang sistematis, selain perlu tindakan yang adil dalam menindak pelaku kejahatan korupsi.

Membangun sistem dari hulu hingga hilir juga lebih efektif memberantas korupsi, memberantas kemiskinan dan pengangguran.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri dalam sambutannya mengatakan Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember bermula dari konvensi PBB melawan korupsi.

Dikatakan Firli, tema peringatan Hakordia 2020 yakni Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi. Visi KPK pada 2019-2023 bersama masyarakat menurunkan korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju.

Firli Bahuri juga mengajak  melalui momentum Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia mari kita bangun kesadaran penuh segenap anak bangsa dan kerelaan dari seluruh elemen bangsa bahwa korupsi dijadikan bahaya laten yang dapat mengganggu tujuan negara RI.

Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

(Mar/rils)