Suararepublik.news  Tulungagung 29/07/2021, PT. Pos Indonesia Tulungagung sudah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 5 dan 6 dari Kementrian Sosial (Kemensos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di Kabupaten Tulungagung. Program BST ini adalah salah satu program bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat terdampak Covid-19. Total sekitar 35.770 KPM yang terbagi di 19 Kecamatan menerima BST bulan Mei dan Juni dengan nominal Rp.300.000 per bulan. “untuk BST kali ini dibayarkan 2 bulan sekaligus, jadi penerima masing-masing dapat Rp.600.000 untuk bulan Mei dan Juni” terang Candra, Ketua Satgas BST Tulungagung saat di temui di kantor Pos Tulungagung (27/7/2021).

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang pekan lalu diperpanjang oleh pemerintah pusat menjadikan mekanisme penyaluran BST tahap ini sedikit berbeda dari sebelumnya.

“Sesuai instruksi, penyaluran BLT kali ini harus diantar ke rumah rumah” kata Candra (27/7/2021). “Prioritas penyaluran kita berikan kepada yang lanjut usia, sakit, tidak bisa ambil dan sebagainya, petugas kita langsung mengantarkan kerumah rumah” tambah Candra.

Candra juga menjelaskan mengenai kebijakan beberapa kondisi dan situasi tertentu berkaitan dengan pembagian BST. Semisal pada kondisi KPM yang meninggal dunia, terdampak PPKM diluar kota, isolasi mandiri atau semacamnya, pembayaran BLT dapat diwakilkan kepada keluarga KPM dengan penunjukkan bukti pendukung berupa Kartu Keluarga dan diketahui oleh pihak desa. KPM yang tidak hadir terjadwal pada pelaksanaan pembayaran, bisa datang di kemudian hari ke kantor pos cabang setempat dengan membawa undangan.

Dalam pelaksanaan pembagian BST ini, perangkat desa setempat berperan aktif mempersiapkan sarana prasarana serta mendampingi petugas kantor pos saat pembagian BST berlangsung. Polsek dan Koramil setempat juga terintegrasi pada mekanisme penanganan ketertiban penerapan protokol kesehatan dan keamanan…..Nf/Kbt