Kab.Tangerang,Suara Republik.News. Tidak adany pengawasan dari pemerintah terkait proyek pekerjaan pemasangan saluran air U-Ditch yang berlokasi di Kampung GALIGA  RT 004 RW 05 Desa Kelurahan Binong Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang, diduga asal jadi, pasalnya proyek pengerjaan tersebut tak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB). Jumat (23/07/2021)

Pantaun awak media Suara Republik, dan Lsm LipanHam dilokasi kegiatan saat pemasangan U-Ditch sebagian tidak memakai dudukan mortar 5cm, serta tidak adanya K 3,sedangkan keselamatan kerja sangat penting di utamakan,tapi dari pihak pelaksana mengabaikan,seakan akan nyawa seseoran itu murah,dan tunggu ada kejadian kecelakaan kerja,mungkin baru sadar,.dan yang lebih parah di salah satu kerjaan kesanya asal jadi.sedangkan Papan Proyek ada,itupun karena di tanya,baru di liatin,terkesan tidak tranfaran publik,kalau tidak ada yang bertanya,cuek aja..sedangkan ketranfaran publik itu juga buat masyarakat luas,bukan cuma LSM dan media yang Sosial kontrol,tapi halayak umum pun punya hak,untuk mengetahui.

Padahal sudah jelas dituangkan dalam Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), masih banyak rekanan pemborong yang melanggar.

Mestinya pihak kontraktor pelaksana memasang papan proyek agar masyarakat dapat ikut melakukan pengawasn secara baik bukan untuk menutup-nutupi kegiatan tersebut.

Pasalnya, pada saat pemasangan Dudukan mortar dengan ketebalan 5 Cm, U-ditch banyak sekali temuan dilokasi kegiatan yang tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB), seperi dudukan mortar, pemasangan U-ditch pun,kesan asal-asalan.

Darusamin selaku sekjen LSM LipanHam dan Ketua sebut aja Bang Joy saat dimintai tanggapan terkait pekerjaan tersebut mengataka,; Setiap kegiatan seharusnya pengawas dan Pejabat Pelaksana Teknik Kegiatan (PPTK) harus berperan aktif untuk mengawasi kegiatan secara langsung bukan membiarkan kontraktor atau pemborong pekerja melakukan sesuka hatinya untuk meraup keuntugan yang lebih besar,,” ujar Darus. Kamis. (27/7/2021).

Lebih jauh, Joy mengatakan, kami akan melayangkan surat somasi ke Inspektorat untuk dilakukan pemeriksaan dan kalau bisa kontraktor seperti ini jangan lagi dikasih kerjaan,” tegas Joy.

Pekerjaan U-Ditch  di A lokasi juga tidak mengindahkan PPKM Darurat level 4 juga,yang tidak standarisasi Prokes(protokol kesehatan)

.(Ifhamholid)