Suararepublik.news Tulungagung 16/07/2021,Adanya kenaikan tunjangan perumahan dan transport  anggota dewan yang diadakan dua kali dalam tahun yang sama(2020) melalui PERBUB no.1 th 2020(2/1 2020) & PERBUB no.92 th 2020(30/12 2020) dengan nilai yang sangat fantastis dan dilakukan dalam masa pandemi covid-19 patutlah kita sebagai masyarakat cermati lebih jauh dasar kenaikan tersebut.

Dalam PERBUB no.92 yang menyebutkan tunjangan perumahan sebesar. :

— 22,3 jt/bln bagi pimpinan Dewan

–20.07jt/bln bagi wakil Dewan

–17,84jt/bln bagi anggota

sedangkan  tunjangan transport adalah 15jt/bl untk setiap anggota Dewan.

Apalagi PERBUB no.92 th 2020 keluar pada saat Pandemi COVID-19 yang notabene sangat kontraproduktif dengan kondisi masyarakat yang sedang berjuang hidup karena adanya aturan yang membatasi kegiatan ekonomi atau sedang mengalami kemunduran ekonomi.

Kebijakan tersebut sebenarnya bertentangan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang  menggelontorkan bantuan besar-besaran untuk masyarakat.Berbeda denganPEMDA Kabupaten Tulungagung yang malah melakukan pemborosan anggaran dan anehnya para anggota Dewan malah sangat menikmati kenaikan tunjangannya tanpa ada satupun yang mempersoalkan sekaligus menunjukkan ketidak peduliannya pada  kesulitan masyarakat dalam masa pandemi.

Semisal Harga pasaran  sewa rumah yang sangat bagus adalah 50jt per tahun atau 4,17 jt per bulan, untuk sewa mobil kelas menengah contoh Toyota Inova adalah 7,5 juta per bulan, jadi estimasi kenaikan tunjangan tersebut adalah diluar logika.

Dasar alasan yg melatar belakangi keluarnya PERBUB no.92 th 2020 itu seperti apa serta bagaimana  tim appraisal di Sekwan,BPKAD dll tentang dasar kesimpulan kelayakan harga sewa rumah di Kabupaten Tulungagung

Tidak menutup kemungkinan ini adalah bentuk pembungkaman secara sistematis terhadap DPRD supaya mereka tidak mempersoalkan apapun kebijakan PEMDA.

Hal tersebut bisa kita lihat di tahun 2021 ini yang masih dalam masa pandemi secara sistematis menaikkan juga NJOP(Nilai Jual Obyek Pajak) sebesar 300% – 800%

(penulis adalah admin grub Facebook MKT sekaligus pelaksana harian LSM pktp Susetyo Nugroho)