PALEMBANG- Konsistensi dan kegetolan Musi Banyuasin (Muba) terhadap bidang pendidikan dan keagamaan khususnya Agama Islam membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Selatan berharap di Muba memiliki Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

“Di Sumsel ini hanya ada satu perguruan tinggi Islam yakni UIN Raden Fatah yang berada di Palembang. Nah, kami berharap Pemerintah pusat dapat mendirikan perguruan tinggi Islam lagi dan keberadaannya ada di Muba,” ungkap Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel, Prof Dr KH Aflatun Muchtar MA didampingi Sekretaris Umum MUI Sumsel KH Ayik Farid Alaydrus saat silaturahmi dengan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, Sabtu (19/9/2020).

Menurutnya, Kabupaten Muba sangat tepat dan pas memiliki STAIN, disamping di Sumsel hanya baru ada satu perguruan tinggi Islam Negeri, alasan lain yakni Kepala Daerah di Muba yakni Bupati Muba Dodi Reza sangat peduli dengan kemajuan bidang pendidikan dan perhatian terhadap Agama Islam.

“Hal tersebut juga tampak jelas dan nyata dari program-program yang telah direalisasikan dan dilaksanakan pak Bupati,” ucapnya.

Prof Aflatun mengaku, Muba juga terbukti dalam hal peningkatan kualitas pendidikan di bidang agama Islam dan hal ini dibuktikan dengan banyaknya keberadaan pondok pesantren di Muba serta bantuan-bantuan yang dikucurkan Bupati untuk pesantren.

Sementara itu, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengaku prinsipnya Muba siap apabila ditunjuk untuk menjadi tempat keberadaan perguruan tinggi Islam Negeri.

“Prinsipnya Muba siap tentu dengan dukungan dari Kementerian Agaman serta MUI,” ulasnya.

Dengan keberadaan perguruan tinggi Islam Negeri juga sebagai keberlanjutan pendidikan Islam di Muba dari jenjang sekolah menengah atas. “Pemkab Muba apresiasi MUI Sumsel yang telah meyakini Muba layak untuk adanya keberadaan perguruan tinggi islam negeri, semoga nantinya bisa terealisasi dengan baik,” tandasnya.