Suararepublik.news – Lembaga Survei Romeo Strategic Research and Consulting (RSRC) merilis hasil survey terkait pemenangan Pilkada Tangsel 2020. Survei RSRC memperlihatkan sejumlah potret pemilih dalam fase akhir masa kampanye Pilkada Tangerang Selatan yang diantaranya menunjukkan masih banyak kemungkinan bagi Siti Nurazizah – Ruhamaben untuk memenangkan Pilkada Tangsel ini.

Survei RSRC menunjukkan bahwa diantara ketiga pasangan calon, paslon Nurazizah-Ruhamaben menjadi paslon dengan lompatan elektabilitas tertinggi, mencapai 15.5%, sedangkan paslon lain relatif stagnan. Jumlah potensi swing voters juga masih mencapai 32.4%. Hal ini menunjukkan bahwa Siti Nurazizah – Ruhamaben masih memiliki cukup potensi untuk bisa menarik dukungan masa sebelum masa pencoblosan.

Survei RSRC juga memotret preferensi pemilih yang hampir 60% menginginkan perubahan kepemimpinan di Tangerang Selatan. Seperti yang kita ketahui bersama, diantara 3 paslon yang saat ini mengikuti Pilkada 2020, hanya paslon Siti Nurazizah – Ruhamaben yang tidak memiliki keterkaitan dengan kepemimpinan Airin saat ini. Sehingga, apabila masyarakat benar-benar ingin perubahan dan memilih pemimpin tanpa beban masa lalu, tentu Siti Nurazizah – Ruhamaben adalah jawabannya. Sebagai penantang, Siti Nurazizah – Ruhamaben memiliki perspektif baru dalam menangani permasalahan yang hingga saat ini tidak dapat terselesaikan oleh pemerintahan Airin dan jajarannya.

Perlu menjadi catatan, bahwa survei RSRC atau lembaga manapun bukanlah hasil akhir. Jika saat ini hasil survei RSRC menunjukkan paslon Siti Nurazizah – Ruhamaben mendapatkan dukungan sekitar 17%, maka ini menjadi lecutan bagi Paslon Nurazizah – Ruhamaben untuk terus mengerahkan upaya agar mendapatkan suara mayoritas di hari pencoblosan. (Ban)