Suararepubliknews, Merebaknya Penyakit Virus Corona Covid 19 yang sudah masuk Kota Tangerang

Untuk memperoleh Guna Informasi yang akurat terkait Pencegahan dan Pengawasan VC Covid 19 beberapa hari di RSUD Kota Tangerang untuk Bertemu dengan Dirut RSUD, diarahkan ke Humas RSUD, Humas Pemkot  dan Alhasil Pantauan beberapa hari di Lapangan, Tim gabungan  Jurnalis akhirnya mendapatkan Statemen dari Dirut RSUD Kota Tangerang, dr. Hj Henny Herlina.

Adapun Hasil Wawancara dengan Dirut RSUD Kota Tangerang, dr. Hj Henny Herlina, Jumat/ 20 Maret 2020 Via Whatapp memberi penjelasan, ” Assalamualaikum warrohmatullohi wabarrokatuh.

Menyikapi Pandemi Covid 19 dan tingginya risiko kami sudah melakukan :

1. Pemilahan setiap pasien yang datang ke RSUD dengan keluhan batuk dan sesak di ruang tersendiri dengan memanfaatkan gedung Farmasi dan pasien menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium dan rontgen.

2. Sudah menunjukan Tim Tenaga Kesehatan untuk mengelola kasus Covid 19 yang dicurigai dan ada rotasi berkala tim Kesehatan.

3. Melaksanakan dan memastikan Proses Desinfeksi dilakukan secara Ekstra di Unit Gawat Darurat dan ruang perawatan pasien Lobby dan ruang lainnya.

4. Diadakan Jalur Khusus untuk Pemeriksaan Lab dan Rontgen.

5. Mengupayakan Efisiensi Jadwal petugas kesehatan tanpa mengurangi kualitas pelayanan mengingat kemungkinan Pandemi yang masih panjang , ” Ujar Dirut RSUD Kota Tangerang , dr. Hj Henny  Herlina ditengah kesibukan menangani Pasien.

” Kita semua berharap dokter dan tenaga kesehatan terhindar dari penularan sehingga tidak menjadi sumber penularan baru pasca bertugas kembali ke keluarga dan masyarakat.

Dan semoga kita diberi kekuatan dan kesehatan oleh Allah SWT dalam mengatasi Pandemi Covid 19, ” Tambahnya.

Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Tangerang ini, terpantau mendirikan tenda barak peleton dalam pelayanan terhadap para pasien yang datang memeriksakan diri.

Tenda darurat  berukuran besar dibangun di depan halaman RSUD. Tenda tersebut diperuntukan bagi ODP (orang dalam pemantauan) virus corona.Dan tenda dipakai untuk ruang menunggu hasil Lab dan radiologi agar lebih nyaman tidak kehujanan atau kepanasan, Ujar  Dirut RSUD Kota Tangerang, Dr. Hj Henny Herlina.

Guna menanggapi merebaknya VC C19 di Kota Tangerang jajaran DPRD Kota Tangerang. Saeroji SPd Fraksi PKS yang menangani Kesehatan memberi keterangan juga bahwa ,

DPRD menyiapkan anggaran bersama Walikota atas konsultasi dengan Mendagri untuk menggunakan Dana bencana.

* Mendorong Pemkot untuk membuat Gugus Tugas penanganan dan pencegahan Covid 19 secara maksimal dan terintergrasi semua elemen.

* Menginformasikan secara Transparan kondisi Kota Tangerang Covid 19. Sebagaimana daerah lain. Agar masyarakat semakin Faham dan Sama – sama Bekerjasama menanggulanginya.

* Membuat pusat layanan Pemeriksaan Awal di Beberapa Rumah Sakit. Termasuk RS Swasta dilibatkan juga.

Dan karena banyak masyarakat yang mau Tes Bingung.” Ujar Tegas Saerodji SPd DPRD Kota Tangerang.

(Margareth/Tim)