Maluku.Pulau Buru,SuaraRepublik.News- Pemerintah Desa Widit, Kacamatan Waelata, Kabupaten Buru berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan Mesin pengolah lahan berupa Rotari dan Tanki semprot beserta bibit tanaman hortikultura kepada 4 Kelompok tani bertempat di halaman Desa Widit, pada Selasa(3/12/2019).

Kepala Desa Widit, Onco Galampa menyampaikan kepada Wartawan Media Police Watch penyerahkan bantuan Mesin berupa 4 unit Rotari, 4 Tanki Semprot, dan Bibit Tanaman Hortikultura kepada kelompok tani ini bersumber dari dana desa (DD)  tahun 2019 dengan jumlah  anggaran sebanyak Rp.107.000.000.

Program ini merupakan upaya pemerintah Desa dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan rangsangan dalam meningkatkan produktivitas pertanian untuk kesejahtraan masyarakat.

“Diharapkan Petani bisa mandiri, sehingga tidak boleh lagi tergantung kepada pengusaha-pengusaha luar yang pada akhirnya nilai jual tinggi tapi karena ada ketergantungan  sehingga akhirnya hasil diambil dengan harga yang murah”. Tutur Galampa.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa Desa berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan tarap hudup yang lebih baik.

” Desa tidak meminta apa -apa, yang diminta agar bantuan yang diberi dapat dikelola dengan baik untuk dapat meningkatkan taraf hidup yang layak, membiayai anak-anak sekolah,  dan digunakan untuk modal tahap berikutnya sehingga tidak ada beban kepada pengusaha/pemodal”.

(Idris wael)