Suararepublik.news, Tulungagung – 25/08/2021,,Penting bagi masyarakat untuk bekerjasama memahami dan mengawasi mekanisme penyaluran Bantuan Sosial (bansos) dari pemerintah. Sebagai tindak lanjut terkait pengawasan mekanisme penyaluran bansos jenis Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), senin lalu, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulungagung yang diwakili oleh Koordinator Daerah (Korda) BPNT, Adit Prasoni melakukan observasi lapangan dengan mendatangi beberapa E-Warong di beberapa Kecamatan salah satunya E-Warong di Desa Dono, Kecamatan Sendang (16/8).

“saya ditemani pak Kasi sudah datang ke lokasi e-warong serta bertemu langsung dengan KPM” tegas Adit saat ditemui di kantor Dinas Sosial (Dinsos) Tulungagung bersama Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial, Heri Setiawan (20/8).

Pada pekan sebelumnya, salah satu KPM di Desa Sendang menjelaskan bahwa pencairan bansos akan dilakukan E-Warong pada 15 Agustus 2021. “Pencairan BPNT untuk bulan juli lalu, saya dapat paket sembako, beras 15kg, telur 12 butir, apel 5 buah, bawang 0,5kg dan kacang sekitar 7 ons. Untuk yang bulan Agustus, cairnya besok tanggal 15” terang KS (45), saat temui dikediamannya (12/8).

Sesuai isi surat dari Kemensos yang dikirim kepada Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Tulungagung melalui Korda BPNT menyebutkan bahwa sisa yang belum sesuai dengan pembelanjaan agar dipenuhi paling lambat tanggal 20 Agustus 2021. Hal ini dibenarkan oleh Heri. “E-warung  harus memenuhi pembelanjaan sebelum tanggal 20 dan untuk desa Dono, masalahnya sudah selesai” ujar Heri Setiawan (20/8). “Kita akan melakukan pembinaan kepada e-warong dan KPM melalui pendamping BPNT supaya tidak ada miss communication ” tambah Heri.(nf/kbt)