Kep. Nias_Nias Barat,  Senin 12 Juli 2021, di kantor Camat Lahomi- Selain diberhentikan untuk sementara waktu dari jabatan sebagai Kepala Desa Lolowau Kecamatan Lahomi, Kasus dana Desa yang menimpa dirinya dilimpahkan ke aparat penegak Hukum dalam hal ini ke Kejaksaan Negeri Gunungsitoli.

Bupati Nias Barat pada saat melakukan monitoring dan Evaluasi Penanganan desa bermasalah di Kecamatan Lahomi yang dilangsungkan di Kantor Camat Lahomi Kabupaten Nias Barat menyampaikan bahwa

“Korupsi adalah lawan kita bersama, kami tidak akan pilih kasih kepada siapapun. Karena kepala Desa Lolowau menyatakan tidak bersedia mengembalikan kerugian negara maka terpaksa kita serahkan kepada aparat penegak hukum untuk menangani masalah tersebut”.

Ia menambahkan, Monitoring dan evaluasi ini kami lakukan untuk mencari penyelesaian Desa bermasalah secara kekeluargaan tetapi karena kepala Desa Lolowau tidak merespon dengan baik maka kami akan bertindak.

Di tempat yang sama Ketua BPD Lolowau Taogomanò Daeli mengatakan bahwa ke keputusan yang diambil oleh Bupati Khenoki Waruwu  sudah tepat karena kami sudah mencoba mengadakan beberapa kali pertemuan untuk mencari solusi namun tidak ada hasil karena kepala desanya tidak punya niat baik sehingga akhirnya kami  melayangkan surat permohonan pemberhentian  Kepala Desa dengan alasan dinilai tidak mampu.

(Y Gea)