Suararepublik.news – Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Mushollah Baiturahman tepatnya di Jalan Tambora III gg. 4 Rt/Rw 05/06, Keluarahan Tambora, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat

Kali ini mahasiswa Unpam Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro itu membenahi instalasi listrik yang membahayakan bagi para jema’ah dan memperbaiki Sound System yang sudah tidak layak digunakan, dalam artian suara yang dikeluarkan tidak jelas atau putus-putus.

Salah satu mahasiswa Unpam, M. Koiru Ihksan mengatakan, dirinya dan teman-temannya memilih tempat tersebut sebagai tempat PKM berawal dari berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar bahwa ada sebuah musollah yang masih aktif digunakan namun minimnya fasilitas instalasi kelistrikan dan pengeras suara yang sudah tidak layak digunakan. Berangkat dari itu pihaknya meninjau langsung lokasi untuk memastikan kebenarannya dengan menemui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)nya untuk meminta keterangan dan melakukan pengecekan disetiap sudut musollah dan kemudian mengadakan Kegiatan PKM selama tiga hari yakni dari tanggal 27-29 September 2019 lalu.

“Sound Systemnya belum pernah di ganti sehingga disaat digunakan dalam keperluan Ibadah suaranya tidak jelas dan banyak suara terputus-putus, nois, bahkan pernah mati disaat dipakai dalam waktu yang lama. Dari keterangan itulah kami berinisiatif untuk membantu pemasangan Audio systemnya di Musholla Baiturohman,” terang Ikhsan.

Ditempat yang sama, Ariyawan Sunardi S.Si,M.T selaku Dosen Pembimbing saat diwawancarai menjelaskan, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Teknik Elektro Universitas Pamulang merupakan kegiatan aplikasi dari kegiatan pendidikan akademis, praktis, dan penelitian yang diterapkan kepada masyarakat dengan kompetensi yang sesuai dengan bidang teknik elektro. Kegiatan PKM dapat berperan sebagai pendidik masyarakat umum, serta membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan bidang teknik elektro. Program kegiatan PKM Teknik Elektro Universitas Pamulang memiliki misi Pengembangan Masyarakat (Community Development). Sehingga program-program yang ditekankan dalam penerapannya diharapkan antara lain bersifat problem solving, bermanfaat dan bermakna, serta berkelanjutan (sustainable).

“Untuk mencapai misi tersebut, maka jenis kegiatan PKM dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu pelayanan masyarkat dan penyuluhan masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat dimaksudkan sebagai kegiatan public outreach (penjangkauan masyarakat), dengan jenis kegiatan seperti pemasangan dan perbaikan peralatan atau fasilitas umum. Sedangkan penyuluhan kepada masyarakat merupakan jenis kegiatan yang memberikan pengetahuan kepada masyakat mengenai pengetahuan dasar dan pengetahuan lapangan, serta tindakan pencegahan dalam masalah-masalah kelistrikan secara khusus, dan elektro secara umum,” jelasnya saat diwawancarai Minggu (29/12/2019).

Ariyawan melanjutkan, adapaun tujuan secara umum dari kegiatan PKM ini adalah memanfaatkan keahlian mahasiswa dan tenaga pengajar di bidang kelistrikan kepada masyarakat demi pengembangan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi stakeholdernya. enaplikasikan keahlian ilmu yang dikuasai mahasiswa dan tenaga pengajar untuk disampaikan pada masyarakat dalam masalah sehari-hari berkaitan dengan kelistrikan, melatih masyarakat dan jamaah untuk menggunakan audio sound system untuk mendukung penghematan energi listrik dan perawatan audio system supaya bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, mengajak masyarakat untuk memperhatikan factor keamanan dan keselamatan terkait kelistrikan dan meningkatkan ketrampilan masyarakat untuk memperbaiki instalasi listrik dan system audio sederhana.

“Mudah-mudahan hasil dari pengabdian para mahasiswa Unpam ini dapat bermanfaat bagi para jema’ah Musollah dan selalu dijaga dan dirawat dengan baik,”harapnya.

Sementara, Ketua DKM Musollah Syarif Ridwan mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa dan dosen pembimbing Unpam yang telah membantu memperbaiki fasilitas Musollah Baiturahman. Mudah-mudahan dengan fasilitas yang sudah baik ini dapat meningkatkan jumlah para jema’ah yang sholat dan berzikir disini.

“Semoga Allah SWT memberikan keberkahan kepada para mahasiswa dan Dosen pembimbing yang telah mengorbankan tenaga, waktu dan lainnya untuk membenahi masjid ini, Semoga mereka dimudahkan dalam hal apapun,” tutupnya.(Bandi)