Kab Tangerang.suararepublik.news – Ketua Dewan Pimpinan Pusat LSM LIPAN-HAM,Nursandi, mengapresasi Camat Suka Diri, Encep Sahayat adanya jawaban klarifikasi terkait laporan pengaduan Pekerjaan Pembangunan Turap Irigasi Desa Buaran Jati dan Desa Pekayon Kecamatan Sukadiri yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Tangerang Banten di duga tidak sesuai dengan perencanaan atas penggunaan anggaran tersebut agar di perbaiki.

Sebagaimana Pembangunan Turap yang di kerjakaan oleh CV.Putra Tunggal Mandiri tahun anggaran 2021 yang menghabiskan anggaran sebesar Rp:100.001.387,” dan CV.Aneka Bangun Jaya tahun anggaran 2021 juga mengabiskan anggaran Rp: 100.001.387.-dengan sebesar nilai tersebut di duga tidak sesuai dengan besarnya anggaran yang digelontorkan.

“Dari hasil pantauan DPP LSM LIPAN HAM diduga kegiatan pembangunan saluran Turap tersebut di kerjakaan tidak mengacu pada spesifikasi Satuan Informasi Pemerintah Daerah( SIPD) dan Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri,mestinya pekerjaan Turap mengunakaan Bahan BETON dengan MUTU K-175 (Site-Mix)dengan mengunakan Mikser atau pengaduk pasir Manual,tetapi yang terlihat tidak  mengunakan sesuai dengan spesifikasi Rencana Anggaran sistem sebagaimana sistem di SIPD Kabupaten Tangerang.

“Kuat dugaan bangunan Turap Desa Buaran Jati ini dibangun tidak sesuai dengan perencanaan atas pengguna tersebut , masa dengan dana sebesar itu hasil bangunannya seperti ini, ,”Ini Dana anggaran dari APBD Kabupaten Tangerang lho ada pertanggungjawabannya jadi tidak bisa main-main.ujar,” Nursandi.

“Terkait hal itu mereka sudah meminta klarifikasi ke pihak Kecamatan Sukadiri dan telah melaporkan ke pihak Publik melalui Spam Lapor secara Online,Namun kami berterima kasih ke pada  Camat Sukadiri,Encep Sahayat ,laporan kami di tindak lanjuti dengan jawaban sudah di jembatani ke pihak ke tiga ( Pemborong) agar pembangunan turap irigasi tersebut di perbaiki,namun sampaii saat ini belum ada tanda tanda perbaikan,”ungkapnya.

LSM LIPAN HAM menegaskan, akan tetap mengusut masalah ini. Jangan sampai Kabupaten Tangerang jadi contoh yang buruk dengan tidak becusnya pengelolaan anggaran Dana APBD Kabupaaten Tangerang, Para Camat harusnya lebih berhati-hati dalam menggunakan anggaran,karena setiap dana yang digunakan itu harus di pertanggungjawabkan penggunaannya,” kata Nur Sandi,”kepada Suara Republik news”Senin (29/3/2021).

Sementara Camat Sukadiri,Encep Sahayat, menjelaskan,terkait adanya laporan dari pihak LSM sudah kami pull up dan tindaklanjuti,tujuanya kedepan adalah perbaikan oleh pihak ke tiga,’jelas Camat,” saat di Konfirmasi di ruang kerjanya,”senin ( 22/3/2021) lalu.

Camat Encep Sahayat,mengatakan, sudah saya serahkan ke pihak plh SekCam dan Kasi Ekbang untuk menemui pihak pelapor dan kamipun berterima kasih adanya masukan dan informasi tersebut,’katanya. (Fredy/Ilham holid).