Suararepublik.news Tulungagung 20/09/2021,,Saran dan masukan demi terwujudnya pemerintahan yang baik di kabupaten tulungagung  terus dilakukan oleh LSM PKTP baik secara langsung maupun melalui surat.Hal tersebut dinyatakan Susetyo Nugroho selaku PLH LSM PKTP disela ngobrol santai.

“Sudah banyak surat pengaduan yang kita kirimkan baik kepada APH maupun APIP terkait dugaan yang penyimpangan dalam penggunaan anggaran,seperti halnya yang sedang kita lakukan kali ini tentang penggunaan anggaran didesa banyuurip kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung yang kita kirimkan ke kejaksaan negeri kabupaten Tulungagung .”ujar Yoyok.

“Untuk selanjutnya kita hanya memantau hasilnya kalau memang seperti yang dinyatakan disalah satu media bahwa hal tersebut tidak ditemukan penyalahgunaan dalam pelaksanaannya itu adalah tugas mereka.Langkah selanjutnya yang akan kita lakukan melaporkan hal tersebut dengan disertai data dan bukti ke  APIP Propinsi atau langsung APIP Pusat, demikian juga atas pelaporan kami ke Kejari juga akan kami lapisi dengan penguatan data yang selama ini masih belum kami keluarkan dengan tembusan langsung ke Kejagung”lanjut Yoyok.

Ketika hal tersebut di klarifikasi langsung ke Kejari melalui kasi Intel terkait kebenaran surat yang dikirimkan oleh PKTP,Agung tri Radityo selaku kasi Intel membenarkan hal tersebut.

“Hasil penyidikan sementara untuk pelaporan yang dilakukan oleh PKTP tentang dugaan penyimpangan dalam penggunaan anggaran di desa tersebut tidak ditemukan penyimpangan karena semua anggaran baik yang dialihkan ada pelaksanaanya .Terkait pelaksanaannya sudah sesuai aturan atau belum itu adalah tugas dari APIP untuk melakukan audit”ujar kasi Intel.

“Kemungkinan kita akan berkirim surat ke APIP untuk dilakukannya audit karena itu merupakan tugasnya karena selama ini masih PPKM sehingga kita belum melakukannya”pungkas kasi Intel tentang langkah yang diambil selanjutnya untuk memperjelas pelaporan tersebut…..Tim/Kbt