Suararepublik.news – Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S. Sos, M. Si. beserta Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandiri Kartono, M.M, Ketua DPRD Kab. Karimun Kapolres Dan Dandim TBK menyambut Kedatangan Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda TNI. Ahmad Heri Purwono, SE, M.M. di Bandara Raja Haji Abdullah (RHA ) Sungai Bati, Kelurahan Pamak Kecamatan Tebing, Selasa ( 17/6/20).

Kunjungan Kerja (Kunker) hari pertama Pangkoarmada I ditutup di Lanal TBK, rombongan dengan menggunakan Pesawat Udara TNI Angkatan Laut jenis Cassa U-6211 disambut di Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Sei Bati, Tebing, Karimun oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono, M.M, Bupati Karimun beserta Forkopimda Karimun.

Tujuan saya datang ke Karimun, selain melakukan Kunker juga memberikan penghargaan kepada sejumlah prajurit yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba sebanyak 2 kilogram di Karimun dan 32 kilogram di Dumai. Ini merupakan prestasi yang patut kita beri penghargaan,”ujar Ahmadi Heru Purwono.

Pangkoarmada I dalam kesempatan itu meminta kepada seluruh jajaran TNI AL untuk mengintensifkan kegiatan patroli, apalagi di sepanjang Selat Malaka banyak sekali terjadinya kegiatan ilegal, mulai dari peredaran narkoba, STS kapal secara ilegal, penyelundupan TKI dan juga baby lobster serta kejahatan laut lainnya.

“Untuk memperkuat kegiatan patroli di jajaran Lanal Tanjungbalai Karimun, saya telah mengirim satu unit kapal patroli lagi, yakni KAL Pelawan. Kapal tersebut fungsinya untuk mendukung prajurit Lanal Tanjungbalai Karimun dalam mengamankan wilayah perairan yang menjadi pengawasannya,”ungkap Heri lagi.

Dikatakan Pangkoarmada I juga bahwa “Pelabuhan merupakan tempat yang banyak dilalui oleh orang, dan dalam situasi pandemi Covid-19, saat ini TNI Angkatan Laut mendapatkan tugas untuk bersinergi dengan institusi lain, baik dari Kepolisian, KKP, Dinas Perhubungan juga Pelabuhanserta Institusi lainnya untuk ikut menyadarkan masyarakat agar dapat hidup dengan adanya kejadian wabah Covid-19 namun tetap produktif dan aman”, ungkap Pangkoarmada I.

“Protokol kesehatan itu sangat mudah, kita hanya dianjurkan untuk selalu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak namun kadang kita lalai bahkan lupa, untuk itu Saya perintahkan unsur TNI Angkatan Laut untuk selalu bersinergi dengan Institusi lain agar membantu untuk menyadarkan masyarakat,” pungkas Pangkoarmada I.

Hadir dalam kunker tersebut Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofyan, S.T. Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Indarto Budiarto, S.E., M.Han., Asrena Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Dadang Somantri, S.E., Asintel Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Edi Kresna Murti, Asops Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Deny Prasetyo, Aslog Pangkoarmada I Kolonel Laut (T) M. Taufiq Hidayat, S.T., M.Si., Koorsmin Pangkoarmada I Kolonel Laut (KH) Ambar Suwardi, S.E., Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Fajar Trirohadi. (Dispen Lantamal IV Tanjungpinang). KomHms/Srn