Kunjungan diawali dari Yasfi lanjut ke GKP diteruskan ke Gereja Katolik Servatius,digereja ini Nalih anggota Dewan Paroki( pegang mig)menjelaskan gbr-gbr di dinding dalam gereja ( dok : ring-o)

Jakarta, Juni 2021 Suara Republik News. Dalam rangka Program Jayakarta Benteng Pancasila yang merupakan gerakan untuk membangun makna Pancasila di tengah  masyarakat melalui berbagai kegiatan seperti Kampung Pancasila Jaya. Pangdam Jaya berkunjung ke Kampung Pancasila di Kampung Sawah Kel.Jati Murni Kec.Pondok Melati Rabu 2 Juni 2021 didampingi oleh Danrem 051 Brigjen TNI R Sidharta dan Walikota Bekasi.          

Dalam sambutannya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdrahman SE,M.M mengatakan  Bahwa tujuan  dari kegiatan ini adalah  Untuk menjaga dan memelihara Pancasila sebagai ideologi negara dalam wadah program Jayakarta Benteng Pancasila kata pangdam bahwa Program Pancasila ini diadakan  saat Pandemi-19 yang  sudah mulai menurun dan pada saat yang sama  anak-anak generasi muda  masih melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM) secara daring melalui   online  di Facebook, sehingga nilai-nilai Pancasila itu, harus diterapkan ujar Pangdam. Bahwa secara online seperti film kartun,cerpen, teka-teki silang kata dia melanjutkan , Sedangkan secara offline kata dia seperti  gambar ditembok tulisan-tulisan yang menggambarkan  tentang Pancasila.Semoga Program ini  didukung semua pihak baik dari kalangan Pemerintah Daerah, TNI/POLRI ,Kepala BPIP dan para Tokoh Agama. DemikianPangdam Jaya  Mayjen DudungAbdurahman SE,MM , mengakhiri smbutannya.

Di sisi lain, Soni selaku tokoh masyarakat, mengemukakan, bahwa jauh sebelum dibentuknya Kampung Pancasila di Kampung Sawah ini kata dia, sebagai kota toleransi  juga mendapat penghargaan  sebagai kampung ramah lingkungan  dari Pemerintah provinsi. Selain itu ujar Soni  Kampung Sawah ini  mendapat penghargaan  berkat kerjasama  dari tokoh masyarakat,tokoh Ulama dan juga bantuan dari  aparat TNI dan POLRI.

Setibanya Pangdam Jaya   dihalaman  Mesjid Agung  Al- Jauhar disambut oleh  K.H Ramadin Havid Pengasuh Pondok Pesantren Fisabililah (Yasfi).Usai berbincang dengan Pengasuh Pondok Pesantren, dilanjutkan dengan meninjau  Gereja Kristen Pasundan(GKP) dengan  naik andong ,diteruskan  meninjau gereja Katolik Servatius.

foto bersama umat hindu(kiri)  Sambutan pangdam pake selendang Betawi di kp.Pancasila Kp.Sawah(gbrkanan.) (dok :Ring-o)

Di Gereja Servatius ini Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurahman SE,M.M mendapat penjelasan dari  Nalih salah seorang anggota Dewan Paroki Santo Sevatius tentang makna gambar  yang ada di dinding dalam gereja. Usai mengunjungi Gereja Katolik ini, Rombongan melanjutkan ke Pura  tempat ibadah umat Hindu tdk jauh dari Kampung Pancasila  yang akan ditinjau pangdam beserta rombongan,

Dudung  Abdurahman yang bakal menduduki jabatan Pangkostrad waktu yang akan datang mengatakan,  bahwa Kampung Sawah kota Bekasi sebagai pilot projek  kampung Pancaila di wilayah teritorial   Makodam Jayakarta.Dimana setiap Koramil wilayah  Kodam Jayakarta memiliki satu kampung Yang dinamakan Kampung Pancasila di 83 Koramil wilayah, dari Kodam Jaya maka    Kampung Pancasila Kampung Sawah ini menjadi  Proyek Percontohan  ujar Dudung .

Terkait Program Kampung Pancasila kata Dudung,telah melapor kepada Kepala  PBIP  dan Dewan Pengarah BPIP bahwa  Kodam Jaya  Jakarta mencanangkan Kampung Pancasila yang bertujuan agar Generasi muda sejak dini  sudah diajarkan  bagaimana bertoleransi antar umat beragama.( Ring-o)