Jakarta, Suararepublik.news – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mangkir dari panggilan pemeriksaan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedianya, pria yang akrab disapa Zulhas ini akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait revisi alih fungsi hutan di Riau dengan tersangka PT Palma Satu.

Pemeriksaan Zulhas dalam kapasitasnya sebagai Mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Untuk Pak Zulkifli Hasan, hari ini tidak hadir,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Ali Fikri menyebut, tim penyidik masih belum mengetahui alasan ketidakhadiran Zulhas. Ali Fikri menegaskan bahwa lembaga antirasuah sudah melayangkan surat permintaan pemeriksaan sebagai saksi ke alamat Zulhas.

“Sampai tadi belum ada konfirmasi yang bersangkutan kenapa tidak hadir. Penyidik akan panggil ulang. Beberapa hari ke depan kita akan panggil ulang,” kata Zulkifli Hasan.

KPK menetapkan PT Palma Satu sebagai tersangka korporasi dalam kasus alih fungsi lahan yang lebih dulu menjerat mantan Gubernur Riau Annas Maamun. (m)