Serang, Suararepublik News – Sidang sengketa Informasi Publik dengan nomor register 029/IV/BANTE-PS/2020 Antara Perkumpulan KITA-PD dengan Kecamatan Batuceper.perkumpulan KITA-PD selaku pemohon dan Kecamatan Batuceper pihak termohon.selasa 10 november 2020.

Sidang majelis dipimpin oleh ketua Majelis H.Toni Anwarmahmud S.M si  diadampingin dengan dua anggota majelis dan seorang panitra.

UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO 14 TAHUN 2018 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28 F menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh,memiliki,dan menyimpan informasi dengan menggunaka segala jenis saluran  yang tersedia,meliputi lembaga eksekutif,yudikatif,legislatif,serta penyelenggara lainnya yang mendapatkan anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(APBN) Anggaran Belanja Daerah(APBD).

Setelah melewati bebarapa tahap persidangan yaitu pemeriksaan awal,pemanggilan para pihak ,melakukan mediasi antara pihak,namun karena gagal dalam mediasi dilanjutkan dengan proses  ajudikasi .

Ketua Majelis  komisioner dalam amar putusannya memutuskan mengabulkan permohonan keterbukaaan informasi Publik dan memerintahkan kepada pihak termohon untuk memberikan informasi yang berisipat terbuka kepada pihak pemohon.kecuali dokumen berupa kwitansi karena tidak dikuasai oleh termohon.dalam waktu 14 hari kerja  setelah amar putusan ini dikeluarkan.

Pihak termohon memberikan jawaban pikir pikir.

Apabila para pihak keberatan dalam amar putusan ini boleh mengajukan kasasi ke PTUN. (Dorhan Marbun )