Suararepublik.news Tulungagung 18/12/2020,,Seperangkat gamelan yang diterima lembaga sekolah sesuai pengadaan tahun 2019 di Dinas pendidikan pemuda dan olah raga kabupaten Tulungagung kondisinya sudah membutuhkan adanya perawatan.Salah satunya di SDN 3 Ngrejo desa ngrejo kecamatan tanggunggunung kabupaten Tulungagung yang terlihat beberapa tempat alat gamelan tersebut yang terbuat dari kayu sudah dimakan kumbang bubuk sehingga banyak terlihat bubuk kayu berserakan disekitarnya.

Hal tersebut diketahui ketika beberapa staf lembaga sekolah tersebut melakukan kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah (16/12/2020).Salah satu pengurus yang enggan disebut namanya terlihat sedang membersihkan ruangan tempat gamelan tersebut disimpan.

“Kayunya sudah banyak yang bubuken (dimakan kumbang bubuk) padahal baru dipakai 2 kali untuk latihan setelah itu karena ada wabah pandemi covid-19 terpaksa latihan dihentikan”ujarnya singkat.

“Agar kondisinya tidak semakin parah nantinya akan kita cat dengan cairan formalin”tambah beliau.

Berdasarkan juga keterangan dari salah satu staf pengajar inisial EN yang mewakili kepala sekolah karena kondisinya yang tidak memungkinkan didapatkan sedikit keterangan tentang gamelan tersebut.

“Gamelan ini datang ke sekolah sekitar pertengahan tahun kemarin (2019)”jelas EN singkat …..Yo/Yps/Kbt