Suararepublik.News – Rencana meningkatkan status sejumlah polda menjadi tipe A sudah disetujui melalui surat telegram yang diterima kemarin, Selasa (14/4/2020).

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menaikkan status 7 Polda di Indonesia dari tipe B menjadi tipe A.

Kenaikan tipe ke-7 Polda tersebut berdasarkan persetujuan yang diberikan Kementerian PANRB.

Kenaikan status tersebut tertuang pada surat telegram Kapolri nomor ST/1189/IV/OTL.1.1.3./2020 yang ditandatangani Asrena Kapolri Irjen Hendro Sugiatno.

Ke-7 Polda di Indonesia yang mendapat kenaikan status tersebut antara lain Polda Bangka Belitung, Polda Kalimantan Utara, Polda Sulawesi Barat, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Maluku Utara, dan Polda Papua Barat.

Kapolri menyampaikan dalam surat telegram kepada ke-7 Kapolda tersebut sebagai tindak lanjut persetujuan dari Kementerian PANRB tentang perubahan ke-7 Polda dari tipe B menjadi A.

“Peresmian perubahan 7 Polda tipe B menjadi tipe A tersebut akan dilaksanakan di Gedung Rupattama Mabes Polri,” demkian tertuang dalam Surat Telegram tersebut yang diterima Selasa (14/4).

Sebelumya dikutip dari Kompas.com, Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis berencana meningkatkan status sejumlah polda tipe B menjadi tipe A.

“Memang ada kebijakan dari Bapak Kapolri nanti untuk Polda yang saat ini masih tipe B akan kita naikkan menjadi tipe A,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Beberapa polda yang akan ditingkatkan statusnya yaitu Polda Babel, Gorontalo, Maluku Utara, Kendari, dan Papua Barat. (m)