Nias Selatan, suararepublik.news – Berdasarkan wawancara awak media kepada Kepala Desa Maluo, “Suka Damai Halawa,S.Th, M.Pd.K “, Kecamatan  Hilisalawaahe ia menyampaikan kepada sejumlah media untuk berharap adanya perhatian pemerintah terkait pembangunan infrastruktur jalan khususnya di Desa Maluo Kec. Hilisalawaahe, Jumat 2 Juli 2021.

Kades “Suka Damai Halawa,S.Th, M.Pd.K”,  menuturkan Keluhan dan harapan-harapan Masyarakat Desa Maluo Kec.Hilisalawaahe Kepada awak media, “kami sebagai masyarakat Nias Selatan yang di mana 13 tahun terakhir ini dan sampai sekarang jalan Desa Maluo tidak pernah dibangun oleh pihak terkait”,.

Melihat dari perbatasan situasi  jalan dari depan pintu gerbang Desa Maluo  Dekat kantor camat Hilisalawaahe atau dapat kita lihat sampai ke Puskesmas dari pintu perbatasan  sampai ke atas Simpang Tiga itu, jalan sangat rusak semua. Kami juga berharap sebagai Kepala Desa, Pemuda dan tokoh masyarakat mengharapkan campur tangan pemerintah terkait atau perhatian dari pemerintah untuk memperhatikan jalan yang sangat rusak ini, mengingat karena di desa maluo ini ada yang namanya lost pekan,Tegas Kades.

Apalagi di Desa Maluo tersebut, Adanya lost pekan dan sebagai titik perkumpulan masyarakat dan juga titik perkumpulan ketika adanya sosialisasi pihak luar, namun apalah daya  kami masyarakat sangat  mengeluh karena tidak ada perhatian pemerintah yang merupakan jalan akses menuju ke desa yang lain yang artinya dalam hal ini salah satu faktor penunjang dari pada ekonomi masyarakat khususnya di desa maluo ini, ucapnya.

Kepala Pemuda juga menjelaskan hal yang sama ia menyampaikan  ,”Hubungan jalan dari Desa maluo ini sampai ke Simpang tiga kondisi keadaan jalan yang  sekarang ini, hal ini kami melihat jalan ini tidak layak sama sekali tidak layak untuk dipakai, Kenapa.? Karena kami masyarakat selama  ini melihat desa maluo atau ibu kota kecamatan kalah saing dalam konteks mau maju yang di dalamnya ada Kantor Camat ada Puskesmas, mengingat masyarakat sekarang ini Bahwa mereka ingin sesuatu itu terwujud dan niat mau maju seperti di kecamatan-kecamatan lain”, tegas Fadala Halawa.

Lanjut pak kades ia menyampaikan  berharap agar  jalan tersebut di bangun bersama dengan parit parit nya  dan kemudian lost pekan paling belakang di Mekah mohon direnovasi atau diperbaiki juga. Harapan kami supaya  Desa Maluo ini agar jadi percontohan di Desa lain sehingga  berkompeten di tingkat kecamatan lain.

kami berharap kepada pemerintah daerah setempat untuk memperhatikan Kantor Camat juga karena sekarang ini masih dalam darurat, dan yang paling terakhir adalah kantor desa kita masih belum memiliki yang namanya kantor desa hanya balai desa dan itupun Balai Desa Ini udah mulai rapuh, rusak, dan sebagainya,  di kantor Desa yang ditempati saat ini adalah kantor desa sementara Di rumah orang tua saya, ucap pak kades. (El Duha)