Jakarta November 2020, Suara Republik News(SRN)- dalam menjalankan tugasnya ke Kantor Pemkab Dairi tertanggal  3 November  2020,yang diawali dari Kantor Bupati Dairi, untuk melalukan audiensi dengan bupati  Dairi yang sebelumnya telah  disurati  dengan nomor surat 121 / SRN/kONF/X/ 2020 pada tanggal 21 Oktober 2020 tentang mohon konfirmasi  mengenai laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Dairi  TA. 2018 Nomor 51.A/LHP/XVIII.MDN/05/2016 tertanggal 06 Mei 2019.

Menemui Bagian Umum Pemkab Dairi, yang mengarahkan wartawan SRN ini ke Inspektorat Pemkab Dairi di Jalan Rumah Sakit Umum No.14 Siidikalang. Namun setelah meluncur ke kantor ini ternyata  Inspektur  yang berinisial  P  tidak berada di tempat, yang menurut stafnya Habeahan mengatakan sedang tugas luar. Ditanya dengan siapa kita bisa bertemu terkait surat ini sembari menunjukkan  surat dimaksud, sayangnya tidak dapat dipertemukan dengan siapapun yang berwewenang  entah itu wakilnya atau bagian khusus yang ber kompeten guna menindak lanjuti surat tersebut.

Seperrti, Inspektur pembantu wilyah I s.d Ispektur Wilayah IV. Yang masing-masing Pembantu Wilayah tersebut mempunyai fungsi Pengoordinasian  program Pengawasan.  Jurnalis SRN tidak berhasil menemui Pejabat publik di Pemkab Dairi Sidikalang ini, Karena ada telepon dari Jakarta yang sangat urgent, maka akhirnya dokumen hasil pemeriksaan  atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Dairi  TA. 2018  dimaksud yang terdiri dari:

  1. Dinkes ( RUD Sidikalang ) tentang Pengadaan obat,BPJS dan BMH
  2. Dinas Pendidikaan ,tentang Tamsil Guru
  3. Belanja Perjalanan Dinas  pada 20 OPD/Satker (Satuan Kerja)
  4. Pelaksanaan  Sembilan Paket JLJ pada dua OPD/Satker ( dinas Perkim dan Dinas PUPR ) serta PPK

Dokumen pemeriksaan  BPK tersebut diserahkan dan dipercayakan  kepada S.S dari Gabungan Wartawan Indonesia (GWI) Sumut untuk menindak lanjutinya kesetiap Instansi terkait bersama rekan media yang bergabung didalam  Forum Komunikasi  Wartawan/LSM Peduli Dairi( FKWLPD). Hasil audiensinya akan dipublikasikan ke berbagai media yang berafiliasi dibawah GWI dan FKWLPD). ( ring – o)