Suararepubliknews, Jakarta -Tiga Pilar Kebon Jeruk Jakarta Barat dalam menghadapi Kotijensi kenaikan Covid-19 pasca libur idul fitri 1 syawal 1442 H membentuk dan melantik satuan tugas relawan Covid-19, Jumat, 4/6/2021.

Sebanyak 70 relawan dari 7 Kelurahan di Kecamatan Kebon Jeruk mengikuti pengukuhan dan pelantikan sekaligus simulasi penanganan Covid-19 yamg dilaksanakan di lapangan sepak bola kebon jeruk Jakarta Barat.

” 70 orang relawan satgas Covid-19 dari 7 Kelurahan di Kebon Jeruk, di masing masing kelurahan memiliki keanggotaan sebanyak 10 orang relawan satgas Covid-19 yang akan siap membantu Tiga Pilar Kebon jeruk ” ujar Kapolsek Kebon Jeruk Kompol R Manurung saat dikonfirmasi dilokasi

Manurung menjelaskan, satgas relawan Covid-19 tersebut dibentuk guna mengantisipasi terjadinya lonjakan masyarakat kebon jeruk yang terpapar kasus Covid-19 pasca libur perayaan hari raya idul fitri 1 syawal 1442 H.

Dari data yang kita terima ada sekitar 1.146 orang warga kebon jeruk yang melaksanakan libur lebaran mudik ke kampung halaman, Ujar Kapolsek Kebon Jeruk.

Dari adanya jumlah tersebut para relawan ini dipersiapkan untuk membantu baik Tni polri maupun pemerintah daerah jika sewaktu waktu adanya kontijensi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah kelurahan nya masing-masing untuk siap membantu tiga pilar Kebon Jeruk

“tugas para relawan ini memiliki tugas untuk mengingatkan dan mengedukasi masyarakat di kelurahan masing-masing untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan ” ucapnya.

Manurung juga mengatakan para relawan tersebut juga telah dibekali peralatan seperti kentongan dan masker yang nantinya para relawan tersebut sambil berkeliling kampung dikelurahan masing-masing membawa kentongan sambil mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, Tuturnya.

Dan jika ada masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 relawan tersebut akan langsung menghubungi call center yang sudah disediakan lengkap dengan petugas dan mobil ambulance untuk segera dilakukan evakuasi terhadap warga yang terpapar Covid-19, ” Ucapnya.

“Dimana kita ketahui di wilayah kebon jeruk saat ini ada 4 klaster baru yang terkonfirmasi Covid-19 pasca libur mudik lebaran kemarin.

Dari 4 wilayah tersebut sekitar 111 warga yang terpapar Covid-19 sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing masing ” Ujar Manurung.

“Bagi warga yang saat ini terpapar Covid-19 kami juga sudah mendatangi masing-masing warga dengan memberikan vitamin dan suplemen baik dari Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo maupun bantuan dari Bhayangkari Ranting kebon jeruk berupa mpon mpon,” Tutur Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol R Manurung SH.

Kompol R Manurung selaku Kapolsek Kebon Jeruk menjelaskan, “kami dari 3 pilar Kebon Jeruk Jakarta Barat jika nantinya terjadi mikro lockdown di wilayah Kebon Jeruk Jakarta Barat pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan 3 pilar dan siap menyiapkan baik tenaga kesehatan maupun ruang yaitu di Gor samping kecamatan Kebon Jeruk yang nanti nya akan dijadikan sebagai tempat isolasi bagi warganya yang terpapar Covid-19, “Jelasnya.

Bersamaan dilaksanakannya pengukuhan satgas relawan Covid-19 oleh 3 Pilar Kebon Jeruk Jakarta Barat terlihat para relawan sedang laksanakan simulasi penanganan Covid-19  jika nanti menemukan warga yang terpapar Covid-19 hingga berkeliling kampung sambil memukul kentongan untuk mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid 19.

Hadir dalam kegiatan, Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol R Manurung, Camat Kebon Jeruk, H Saumun, Danramil Kebon Jeruk, Kapten Infantri Sudarsono, Wakapolsek Kebon Jeruk, AKP. S. Widodo SH, Sekretaris Camat kecamatan Kebon Jeruk, Jajaran Polsek Kebon Jeruk, Lurah se- Kecamatan Kebon Jeruk, Kepala Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Dewan Kota kecamatan Kebon Jeruk hingga Ketua FKDM kecamatan Kebon Jeruk.

(Mar/Hms)