Jakarta, Suararepublik.news – Gempa bumi magnitudo 7,1 mengguncang Sulawesi Utara dan sekitarnya pada Kamis (21/1/2021).

Warga merasakan gempa ini gentarannya cukup lama. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 19.23 WIB.

Gempa Magnitudo 7,1 Berpusat Dekat Kepulauan Talaud Sulut, Tak Berpotensi Tsunami Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko menyebutkan, pusat gempa berada di 134 kilometer timur laut Melonguane, Sulawesi Utara, dengan kedalaman 154 kilometer

“Gempa magnitudo 7,1 ini tidak berpotensi tsunami,” katanya lewat pesan singkat saat dikonfirmasi, Kamis. Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa ini dirasakan warga di Kota Manado, Minahasa, Sangihe, Talaud, Bitung, Tomohon, dan Bolaang Mongondow Selatan.

Kepala Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe Rivolius Pudihang mengatakan, di Sangihe gempa juga terasa cukup lama. “Untuk saat ini kondisi masih aman. Belum ada info lebih,” katanya lewat pesan singkat saat dikonfirmasi. ( SRN )