Nias Selatan, suararepublik.news Polres Nias Selatan Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Toba Tahun 2021 diwilayah Hukum Polres Nias Selatan yang bertempat di Lapangan Apel Mako Polres Nias Selatan Jl. Muhammad Hatta No. 01 Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Senin, 12 April 2021.

Pada kegiatan tersebut turut hadir, Kapolres Nias Selatan, AKBP ARKE FURMAN AMBAT, S.I.K.,M.H, bersama Sekertaris Daerah Kab. Nias Selatan, Ir. IKHTIAR DUHA, M.M, Palaksa Lanal Nias, MAYOR MARINIR AHMAD FAUZI MTR OPSLA, Danramil Kodim 0213 Teluk Dalam / NS MAYOR Inf HATIANUS ZEGA, Waka Polres Nias Selatan, KOMPOL JAUHARI LUMBANTORUAN, Kabid Dishub LLAJ, FAN ZEDRATO, S.E, Kabag Ren Polres Nias Selatan, AKP LINTAS PASARIBU, Kasat Lantas Polres Nias Selatan, AKP MUSA SEMBIRING, Kasat Reskrim Polres Nias Selatan, AKP ISKANDAR GINTING, Kasat Sabhara Polres Nias Selatan, IPTU ARIYUNUS ZAI, S.Ag.,M.H, Kasat Polairud Polres Nias Selatan, IPDA TAUFIK TRI SANTOSO, Ps Kapolsek Gomo, IPDA JOHNSON SIANIPAR, Kanit Pidum Sat Reskrim Polres Nias Selatan, IPDA SENIOR SIANTURI, S.H.,M.H, Kanit Idik 1 Sat Res Narkoba Polres Nias Selatan, IPDA DAVID PANGARIBUAN, S.H, Ps Kapolsek Teluk Dalam, IPDA SURYA HADI, S.E, Pleton TNI AD, Pleton TNI AL, Pleton Polres Nias Selatan, Pleton Dinas Perhubungan, dan Pleton Satuan Polisi Pamong Praja.

Dalam Amanatnya Kapolda Sumatera Utara yang dibacakan oleh Inspektur Gelar Pasukan, puji dan syukur kehadirat tuhan yang maha esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya, pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk hadir pada “apel gelar pasukan operasi mandiri kewilayahan keselamatan toba – 2021” dalam suasana yang penuh khidmat.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta menghambat penyebaran covid-19 di wilayah provinsi sumatera utara.

Peserta apel gelar pasukan yang saya hormati, operasi keselamatan toba 2021 merupakan operasi kepolisian mandiri kewilayahan yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai hari senin tanggal 12 april 2021 sampai dengan minggu tanggal 25 april 2021. fokus operasi kepolisian ini adalah masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum ataupun pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Dalam pelaksanaanya, operasi ini akan melibatkan 2.299 personel yang terdiri atas 150 satuan tugas polda serta 2.149 satuan tugas kewilayahan. kekuatan personel tersebut akan tersebar di seluruh wilayah kabupaten/kota se-sumatera utara. strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif yang humanis.

Peserta apel gelar pasukan yang saya banggakan, sebagaimana dengan rencana operasi kepolisian mandiri kewilayahan keselamatan toba 2021, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, kita juga dihadapkan dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 di wilayah provinsi sumatera utara. data satuan tugas penanganan covid-19 di indonesia, hingga tanggal 09 april 2021 tercatat 1.558.145 kasus positif, 1.405.659 dinyatakan sembuh serta 42.348 meninggal dunia. sementara di provinsi sumatera utara, tercatat 27.998 kasus positif, 24.726 dinyatakan sembuh dan 928 meninggal dunia.

Menyikapi hal tersebut, pada operasi keselamatan toba 2021 kali ini, kita juga akan melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. diantara upaya yang kita lakukan yaitu melakukan pemetaan lokasi penyebaran virus covid-19, melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran virus covid-19 melalui kegiatan sosialisasi, pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melaksanakan edukasi dan penerangan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Peserta apel gelar pasukan yang saya hormati, dalam kesempatan yang penuh semangat dan rasa kebersamaan ini, untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani sebagai berikut :

pertama, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada tuhan yang maha esa.

kedua, pastikan setiap personel yang telah ditugaskan untuk paham tugas dan tanggung jawabnya.

ketiga, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titik kerawanan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta penyebaran covid-19.

keempat, laksanakan tugas dengan profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan melalui penerapan buddy sistem.

kelima, mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi keselamatan toba 2021.

Teriring doa semoga pengabdian tugas yang saudara tunjukkan dalam pelaksanaan operasi ini, menjadi catatan amal ibadah di hadapan tuhan yang maha esa.

Demikian amanat saya, semoga allah swt senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

sekian dan terima kasih. wassalamualaikum wr.wb. syaloom,

om shanti shanti shanti om.

(Elwin duha)