Suararepubliknews, Kota Bekasi –¬†Apel Senin pagi di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi yang langsung dipimpin Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. Hadir, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawaty, Kepala Perangkat Daerah.

Apel yang dirangkaikan dengan beberapa acara yakni pada masa pandemi ini  mengawali awal tahun 2021, RSUD dr. Chasbullah Abdul Majid mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Republik Indonesia (MENPAN RB RI) yaitu penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang pada pagi ini disematkan langsung oleh Wali Kota Bekasi kepada Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi.

“Penghargaan ini merupakan kerjasama tim dari RSUD dr. Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi, apresiasi untuk penghargaan ini karena telah meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK), peningkatan terus dikembangkan sehingga meraih Wilayah Birokasi Bersih Melayani (WBBM), semoga peningkatan kinerja semakin maksimal terutama dari tim kesehatan agar terus semangat dalam masa pandemi ini” ujar Wali Kota.

Kedua, penghargaan untuk Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bekasi yang meraih penghargaan KNPI terbaik pemuda milenial, bantu peran pemerintah Kota Bekasi dalam terjun langsung ke warga agar mendengarkan keluh kesah dan aspirasi yang menjadi kendala permasalahan di wilayah. Semoga KNPI terus memaksimalkan koordinasi dengan Pemerintah Kota Bekasi.

Ketiga, penyerahan Video edukasi penerapan masa ATHB pada bidang sosial, ekonomi dan pendidikan dari London School Public Relation (LSPR) sebagai acuan tata cara menghadapi masa pandemi di Adaptasi Tatanan Hidup Baru dan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan untuk masyarakat Kota Bekasi.

Amanat dari Wali Kota Bekasi menyampaikan evaluasi pada tahun 2020 dan kesiapan menghadapi tahun 2021 kedepan, Wali Kota Bekasi menceritakan pada tahun 2018 dan 2019 yaitu tahun yang mengalami goncangan luar biasa di segi pendapatan daerah, 2019 menjadi tahun recovery yang melakukan strategi dari Pemerintah Kota Bekasi dalam mengupayakan menormalkan kembali pendapatan asli daerah dan alhamdulillah pada tahun 2020 berjalan bisa kembali menormalkan keadaan tersebut.

Namun berganti ke tahun 2020, Pemerintah Kota Bekasi hampir 60 persen mengalami wilayah banjir lokal yang hampir 3 bulan membenahi susunan aliran sungai topografi yang ada. Itu semua mengingatkan kita pada semua proses tanggung jawab, yang telah diamanahkan untuk memaksimalkan kinerja yang harus dari hati nurani.

Usai itu, wabah pandemi masuk pada akhir Maret 2020, mengalami situasi yang tidak seperti biasa dengan protokol kesehatan, menurunkan aparatur untuk melakukan sosialisasi penerapan adaptasi tatanan hidup baru, melakukan penjagaan di area PSBB dan sosialisasi di wilayah mengenai penerapan jam malam. Hingga saat ini, peraturan demi peraturan dikeluarkan hanya semata menjaga bentuk peduli kepada warga Kota Bekasi.

“Di dalam masa pandemi pun, kita terus berusaha memaksimalkan pekerjaan, berkoordinasi dengan satu sama lain dan terbukti kita bisa meraih beberapa penghargaan untuk Kota Bekasi baik dari tingkat nasional maupun Provinsi, semangat kerja yang perlu diterapkan pada diri ASN sehingga berani dalam realisasi dengan baik.” Ujar Tegas Rahmat.

Kepala Perangkat Daerah dan Camat di masing masing wilayah pada tahun 2021 diberi tugas untuk menyelesaikan target dari 100 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang menampung setiap aspirasi dari masyarakat kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi pada sambutannya juga mengucapkan selamat bertambah umur kepada Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto agar terus semangat dalam mengabdikan diri kepada masyarakat Kota Bekasi dan membantu menyelesaikan tugas dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

(Rls Hms/Mar)