Nias Selatan, suararepublik.news – Pada hari Rabu 23 Juni 2021 sekira Pukul 09.30 wib telah dilaksanakan Rapat Forkopimda terkait dengan adanya Pelaksanaan Vaksinasi Massal dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-75 pada Polres Nias Selatan yang bertempat di Ruangan Kapolres Nias Selatan Jl. M. Hatta Nomor 1 Teluk Dalam Kab. Nias Selatan.

Adapun yang menghadiri Kegiatan Rapat Forkopimda terkait dengan adanya Pelaksanaan Vaksinasi Massal dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-75, yaitu :

Danlanal Nias, KOLONEL LAUT (P) HENDRO PRASETYO Mewakili Kapolres Nias Selatan, Kabag Ren Polres Nias Selatan AKP LINTAS T. PASARIBU, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Nias Selatan HENNY DUHA, Danramil 12 Teluk Dalam MAYOR H. ZEGA, Urkes Polres Nias Selatan BRIGADIR BINDU SIMANGUNSONG, Para Camat, Para Kepala Puskesmas, Para Staff Dinas Kesehatan Kab. Nias Selatan.

Adapun Kata sambutan yang disampaikan Bapak Danlanal Nias KOLONEL LAUT (P) HENDRO PRASETYO, Saya mewakili Kapolres Nias Selatan akan memimpin kegiatan Rapat Forkopimda terkait dengan adanya Pelaksanaan Vaksinasi Massal dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-75. Pagi ini kita melanjutkan hasil rapat kemarin terkait dengan adanya program dari Bapak Kapolri dan nantinya juga ada dari Bapak Panglima TNI, ucapnya.

Pelaksanaan Vaksinasi Massal dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-75  akan dijadwalkan pada tanggal 26 – 30 Juni. Vaksinasi tersebut disediakan sebanyak 250 Vial. Untuk pelaksaanan serentak diseluruh Indonesia dimulai pada tanggal 26 hari Sabtu.Teknis waktu pelaksanaan pada hari Sabtu tanggal 26 Juni akan dilaksanakan di Polres Nias Selatan, Puskesmas Teluk Dalam dan juga Puskesmas Somambawa.

Berikutnya pada hari Senin akan dilaksanakan di Daerah Lolowau namun Kapolres Nias Selatan menyampaikan apabila ada kendala seperti jaringan akan dilaksanakan di Polres. Polres Nias Selatan akan menyiapkan seluruh Logistik seperti tenda dan ruangan yang akan dibutuhkan dalam proses vaksinasi tersebut.

Pada pagi hari ini kami akan menyampaikan beberapa hal yang harus kita perlukan mengenai teknis pelaksanaan dilapangan nanti pada saat vaksinasi. Menurut kami sebaiknya Puskesmas Teluk Dalam tidak diikutkan dalam posko vaksinasi massal karena jarak dan juga agar mempermudah Tim Monitoring dalam memantau kegiatan tersebut. Untuk para Camat agar segera memberikan data – data masyarakat yang ingin di Vaksinasi. Kami akan menurunkan 3 tim dalam pelaksanaan Vaksinasi Massal tersebut untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, Tutur, Henny Duha.

Danlanal Nias Kolonel Laut Hendro Prasetyo ia menyampaikan saran Agar para camat yang sudah mendata dan mensosialisasikan terkait dengan vaksinasi tersebut sehingga polres nias selatan mudah dalam menjalankan kegiatan vaksinasi dan akan di prioritaskan ke  para lansia, para guru, dan juga penyedia jasa.

Henny Duha sebagai kepala Dinas Kesehatan menanggapi saran tersebut, ia mengatakan jika data Vaksinasi melebihi permintaan dari Polres Nias Selatan maka dinas kesehatan juga sudah menyiapkan vaksin untuk menutupi kekurangan Dan juga posko – posko pelaksanaan Vaksinasi harus memiliki atau menyiapkan ruangan observasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Camat Luahagundre Ros M Dachi juga ikut memberikan saran, Ada baiknya para penerima Vaksinasi massal tersebut dipusatkan dikecamatan selain tempat yang memadai juga agar tidak merepotkan para masyarakat yang akan mengikuti Vaksinasi, ucapnya.

Danramil 12 Teluk Dalam Mayor H Zega juga memberikan saran, ia menyampaikan Agar tiap tiap posko Vaksinasi dibagi menjadi daerah – daerah yang dekat dengan posko tersebut agar tidak ada penumpukan pada saat vaksinasi.

Adapun syarat yang ingin mengikuti vaksinasi harus membawa KTP atau Kartu Keluarga untuk pendataan dan sebelum pelaksanaan masyarakat dianjurkan untuk sarapan atau makan terlebih dahulu. Masyarakat yang tidak boleh melakukan Vaksinasi, Suhu tubuhnya  37,5 derajat Celsius. Ini berarti seseorang yang terbukti demam, pemberian vaksin akan ditunda dan ia harus terbukti bukan pengidap COVID-19 dan melakukan skrining ulang pada saat kunjungan berikutnya.

Memiliki tekanan darah 180/110 mmHg.

Memiliki penyakit penyerta (alergi berat, penyakit jantung, penyakit kelainan darah, penyakit ginjal, penyakit autoimun, rematik, penyakit saluran cerna, dan kanker) atau sedang dalam pengobatan penyakit.

Pengidap HIV dengan angka CD4 <200.

Mengidap penyakit paru seperti asma,PPOK, atau TBC.

Berikut Pembagian Posko dan Wilayah yang akan melaksanakan Vaksinasi :

Polres Nias Selatan meliputi Kec. Teluk Dalam, Hilisataro, Bawomataluo dan Lagundri.

Puskesmas Somambawa meliputi Kec. Lahusa dan Kec. Somambawa.

Kantor Camat Lolowau meliputi Kec. Lolowau, Huruna, dan Kec. O’o’u

Seluruh keperluan Logistik dalam pelaksanaan Vaksinasi massal dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-75 disediakan oleh Polres Nias Selatan.