Jakarta, Suararepublik.news – Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan status Febri Diansyah sebagai Juru Bicara KPK. Firli mengatakan tidak ada istilah mundur terkait Febri yang mengumumkan diri tak lagi menjadi Juru Bicara KPK.

“Kata siapa mundur? Bukan mundur, memang (jabatan) jubir itu kosong, itu saja. Nggak ada (istilah) mundur,” kata Firli di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Firli menjelaskan banyak jabatan di KPK yang tak ada pejabatnya. Untuk itu, Firli akan membenahi manajemen sumber daya manusia (SDM) di masa kepemimpinannya.

“Banyak jabatan struktural yang memang tidak ada pejabatnya, sehingga rangkap-rangkap,” ujar Firli.

Firli mengatakan Juru Bicara adalah sebuah jabatan di KPK. Namun, jabatan itu kosong sehingga kemarin dirangkap oleh Febri yang merupakan Kabiro Humas.

“Jabatan (jubir KPK)-nya ada, tapi orangnya yang memang kosong sehingga kemarin dirangkap oleh Kabiro Humas,” tutur Firli.

Sebelumnya, Febri mengumumkan dirinya tak lagi sebagai juru bicara KPK. Febri untuk selanjutnya akan fokus pada jabatan sebagai Kabiro Humas KPK.

“Terkait dengan juru bicara KPK, perlu saya sampaikan ini agar beberapa informasi juga jadi clear. Per hari ini, tugas saya sebagai juru bicara KPK sudah selesai,” kata Febri Diansyah di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, sore ini.

Febri mengatakan, selama 3 tahun sejak 6 Desember 2016, telah menjalankan tugas dan fungsi sebagai Kabiro Humas KPK sekaligus jubir. Namun Febri mengatakan per hari ini tidak lagi menjabat juru bicara KPK.

“Jadi sekaligus kami harap ini juga bisa menjadi informasi yang resmi bagi teman-teman media, baik yang ada di KPK maupun teman-teman media yang membutuhkan informasi tentang KPK. Saya akan fokus dan lebih maksimal menjalankan tugas sebagai Kepala Biro Humas, artinya interaksi kita masih ada, tapi dalam konteks yang berbeda,” tuturnya. ( M )