Medan, Suararepublik.news – Kondisi  menurunnya turis mancanegara maupun dalam negeri berkunjung ke Danau toba disebabkan mahalnya harga tiket pesawan, namun pemda Sumatera Utara tidak kehabisan Ide.

. Bahkan kata  RE. Nainggolan mantan Bupati Tapanuli Utara ini, lebih murah tiket pesawat ke Denpasar Bali ketimbang ke Silangit, , padahal  kedua destinasi itu masih kisaran  tempuh dua jam dari Jakarta. Kata dia. Turunnya tingkat hunian  hotel dikawasan wisata ini  juga disebabkn tragedi tenggelamnya KM. Sinar Bangun beberapa waktu lalu, selain itu longsor di jalan Nasional Parapat. Hal senada disampaikan manager Inna hotel Maryanto yang mengaku hingga 4 hari menjelag Natal pemesanan  kamar masih 75 dari 102 kamar yang tersedia.

Festival Danau Toba (FDT)

Mudah-mudahan dengan diseleggarakannya Feastifsl Danau Toba ( FDT) 9 Des 2019 dapat meningkatkan wisatawan domestik dan  macanegara. Lomba solu Bolon yang diikuti 9 kabupaten  akan meingkatkan wisatawan lokal pada lomba solu Bolon ini.

Lomba solu bolon dalam Festfal Danau Toba di ikuti 9 tim  tanggal 9 s.d 12 Desember 2019 di Parapart.( dok : Riky)

Menurut kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Ria Nofida Telanbanua mengatakan, Solu Bolon itu  perlombaan menggunakan  perahu dari  even itu harus diperbanyak menjadi salah satu daya Tarik wisatawan,. Sebelumnya di Balige juga pernah dilakukan solu bolon ( tradisi) , Nah disini kita buatkan  kata dia solu bolon ( dragon) ini kan rame, jelasnya di pantai Bebas Danau Toba, Parapat. Dikatakannya sesuai aturan setiap kegiatan, Ria menapiknya kalau penonton/ pengunjung, ini kan karena hari kerja.jadi tidak terlalu rame

Dalam pembukaan FDT ini turut dihadri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beserta isteri, Direktur Utama Badan Pengelola Otorita Danau Toba Ari Prasetio, dan Bupati sekawasan Danau Toba, serta sejumlah pejabat lainnya. Persatukan 8 Kabupaten Tarik wisatawan kunjungi Danau Toba.

Festifal Danau Toba yang ke tujuh ini berlangsung  di Parapat, Kabupaten Simalungun, diharapkan mampu mempersatukan delapan kabupaten  untuk menarik wisatawan mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara, kegiatan berlansung 4 hari dari tanggal 9 s,d tanggal 12 Des 2019 bakal menampilkan  perlombaan dan pameran kearifan lokal sekitar 8 Kabupaten yang mengelilingi danau Toba. Yakni, Kabupaten Simalungun. Tobasa, Samosir , Humbang Hasundutan , Pakpak Barat, Dairi, Karo dan Tapanli Utara.( ring-o)