Suararepublik.news Tulungagung 23/01/2021,,Sebanyak 324 pedagang di pasar rakyat Tamanan selama 2 hari mulai tanggal 24/01/2021 dan 25/01/2021 tidak diperkenankan berjualan karena adanya sterilisasi yang akan diadakan gugus tugas covid-19 kabupaten Tulungagung.

Zaenu Mansyur selaku KUPT pasar dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Tulungagung yang ditemui pada saat kegiatan sosialisasi kepada pedagang menjelaskan tentang adanya sterilisasi tersebut.

“Sterilisasi yang diadakan di pasar rakyat Tamanan sesuai dengan surat yang diberikan gugus tugas covid-19 kabupaten karena adanya laporan dari gugus tugas kelurahan bahwa banyak warga di sekitar pasar yang terpapar virus tersebut,padahal dari pedagang yang berjualan belum ditemukan adanya bukti bahwa ada pedagang yang terpapar virus tersebut”jelas zaenu.

Beliau juga tidak bisa berbuat apa-apa terkait hal tersebut dikarenakan alat untuk mendeteksi apakah orang terinfeksi atau tidak pihak Disperindag tidak memilikinya.

Supri selaku ketua paguyuban pasar tersebut ikut menambahi pernyataan zaenu terkait keluhan pedagang dengan adanya sterilisasi tersebut.”Alangkah baiknya kalau pasar rakyat Tamanan harus disterilisasi maka pasar modern disekitar pasar Tamanan dan usaha yang lainnya juga dilakukan hal yang sama apalagi penyebab sterilisasi karena ada warga sekitar pasar yang terpapar bukan pedagang, bagaimana nasib pedagang yang berjualan barang yang tidak bisa disimpan lama alias harus terjual secepatnya”kata Supri.

Bahkan Supri juga menepis kabar yang beredar di masyarakat bahwa ada pedagang yang terinfeksi virus tersebut.,”Beberapa pedagang memang di isukan ada yang terinfeksi bahkan ada yang meninggal dunia juga tapi berdasarkan hasil swap semua dinyatakan negatif”jelas Supri sambil menunjukkan hasil swap yang semuanya negatif terinfeksi virus tersebut.

“Bagaimana nasib pedagang setelah sterilisasi selesai apabila masyarakat sekitar menjadi takut untuk berbelanja di pasar?Apakah tidak sekalian satgas covid-19 melakukan tes SWAB kepada seluru pedagang semua”pungkas Supri……Ok/yo/kbt