Advertorial

Suararepubliknews, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang –

Kabar Baik bagi Pelaku Usaha Mikro Kota Tangerang  dimana Pemerintah Kota Tangerang  saat ini sudah meluncurkan Program Tangerang Emas untuk membantu bergeraknya sektor ekonomi dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Ii Nurul Komarudin memberi penjelasan, Tangerang Emas (Ekonomi Masyarakat Sejahtera) merupakan pinjaman tanpa bunga dan tanpa agunan dengan sistem tanggung renteng bagi Pelaku Usaha Mikro Kota Tangerang.

Program ini merupakan kerjasama Pemerintah Kota Tangerang dengan Bank Bjb yang telah dilaunching oleh Walikota Tangerang pada Bulan Desember 2019 dan sudah berjalan pada Januari 2020 sampai sekarang. Adapun Pelaku Usaha Mikro yang telah mengikuti program ini sebanyak 298 Pelaku Usaha Mikro yang terdiri dari 33 kelompok dan jumlah tersebut pastinya akan terus bertambah dengan yang saat ini sedang tahap proses pengajuan.

Adapun syarat dan ketentuan untuk mengikuti Program Tangerang Emas yaitu sebagai berikut :

1 :  Warga Kota Tangerang (dibuktikan dengan KTP)

2 :  Mempunyai usaha minimal sudah berjalan 6 bulan

3: Para  Pelaku Usaha Membuat kelompok yang berdomisili berdekatan, dalam 1 wilayah diutamakan dalam 1 Rt/Rw atau dalam 1 kelurahan (wilayah Kota Tangerang).

4 : Kelompok berjumlah minimal 5 orang dan maksimal 10 orang serta menunjuk koordinator/ketua kelompok dan seluruh anggota bersedia untuk melakukan sistem tanggung renteng

5 : Membuat surat keterangan domisili melalui RT, RW dan Kelurahan setempat, atau bisa melalui aplikasi PANGKAS (Aplikasi Gampang Ngurus Berkas)

6 : Fotocopy IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil)

Jika belum punya, bisa mendaftar secara online melalui Website OSS (Online Single Submission) dan dapat berkonsultasi dengan Dinas PMPTSP/Perijinan Kota Tangerang

7 : Fotokopi Kartu Keluarga (Kota Tangerang)

Fotokopi Surat Nikah/ Surat Cerai/ Surat Keterangan Status Perkawinan

8 : Melalui koordinator atau ketua kelompok datang ke kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tangerang untuk diberikan rekomendasi/keterangan dengan membawa persyaratan yang tersebut di atas

Selanjutnya, berkas disampaikan ke Bank BJB Cabang Kota Tangerang untuk dilakukan diverifikasi dan validasi lebih lanjut oleh pihak Bank.

Program Tangerang Emas ini juga diberikan kepada Para Pelaku Usaha Mikro yang tergabung dalam DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Tangerang yang dikoordinir melalui Ketua DKM se-Kota Tangerang.

“Setelah mengikuti Program Tangerang Emas ini, Dinas Perindagkopukm Kota Tangerang berharap bisa membantu pemulihan ekonomi serta para Pelaku Usaha Mikro dapat berinovasi dalam mengembangkan usahanya sehingga kesejahteraan dapat meningkat”, Ujar Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro pada Dinas Perindagkopukm Kota Tangerang.

(Advertorial)