Buru SuaraRepublik.News – Danrem 151 / Binaiya, Brigjen TNI Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw didampingi Kasi Intel Korem, Letkol Kav Hendra Ferdinandus, Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi, S.A.P, M.Tr (Han) bersama rombongan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke lokasi pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Waeapo yang berlokasi di Desa Wapsalit, Kecamatan Lolongguba dan Koramil 1506-4 Waenetat, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru. Kamis, 17/9 2020.

Kedatangan Danrem bersama rombongan didampingi Dandim 1506/ Namlea, disambut meriah dengan tarian adat cakalele dan pemasangan Lenso Adat (Lestari) yang akan disarung oleh raja petuanan Kaiely dan Kasodin kepada Danrem 151/ Binaiya dan Dandim 1506/ Namlea.

Rombongan tersebut disambut meriah dari Petuang,  tokoh adat, Agama Dan tokoh masyarakat dan sejumlah undangan lainnya. Sebelum masuk lokasi Bendungan Waeapo, Kaksodin Waehidi, Ali Wael meminta kepada Danrem 151/ Binaiya agar kedepan anak asli Putra daerah bisa menjadi bagian dari keluarga besar TNI dan terkait dengan dibangunnya Bendungan, Kami dari tokoh adat Dataran Tinggi akan terus membantu proses kelancaran pembangunan waduk tersebut.

” Saya harap semua tokoh adat sama- sama mendukung dan membantu jalannya proyek waduk ini, bila waduk ini rampung dapat meningkatkan perekonomian di Pulau Buru dan dapat mengantisipasi genangan banjir yang selama ini dihadapi masyarakat di Dataran waeapo, kemudian terakit dengan penerimaan Bintara TNI-AD tahun 2020 untuk tugas dan tanggung jawab panitia dari Korem sudah selesai ditingkat daerah, kemudian seleksi tingkat Pusat adalah kewenangan tim seleksi Pusat” Ucap Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw, Perwira Satu Bintang.

Saat rombongan hadir dilokasi Bendungan Waeapo disambut meriah dari pihak Perusahaan SOP K3 sekaligus diberikan Alat Pelindung Diri(APD) dan selanjutnya mendapat penjelasan singkat dari Pejabat Pembuat Komitmen(PPK) Balai Wilayah Sungai(BWS) Provinsi Maluku yang dijelaskan oleh Ruslan Malik terkait dengan struktur bendungan, mekanisme pekerjaan, luas areal yang terdampak, manfaat dari bendungan dan situasi Kantibmas.

Pukul 13.20 wit Rombongan kembali  kunjungi Koramil 1506-4/Waeapo, yang dipimpin Kapten Inf Thamrin Batuatas dan Kapten Inf Pati Wael sekaligus Danrem151/ Binaiya melaksanakan kegiatan penanaman pohon berupa anakan, pohon Ketapang, Alpukat dan anakan Jeruk di areal halaman Kantor Koramil 1506-4 /Mako Waeapo.

Maluku(I.w.)