TANGERANG -Suara Republik.News. Camat Mekar Baru Miftah Shuritho Hadiri Launching Perdana Rumah Baca Anak Pekerja Migran (Rubajami)  di Taman Bermain Kecamatan Mekar Baru  Kabupaten Tangerang Banten Jumat (11/6/2021).

Rubajami adalah program “Peduli Pekerja Migran” yang diinisiasi oleh Media Online InfoTerbit.com dengan menggandeng FPMI (Forum Perlindungan Migran Indonesia) Kab. Tangerang. 

Hadir dalam launching; Camat Mekar Baru Miftah Shuritho, Kabid PPK Disnaker Kab. Tangerang Hj. Iis Kurniati, SE., perwakilan UPT BP2MI Serang Andi, Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Enjat Sudrajat, perwakilan Dinsos, Kepala Puskesmas Mekar Baru Rina Ristiyani, S.SiT, M.Kes, dan Puskesmas Tanara (Heny) serta Koramil 08/Kronjo.

Turut hadir para Ketua KNPI Mekar Baru Aang Ansori dan jajarannya, Karang Taruna, TBM Cahaya Ilmu Mekar Baru, TBM Umah Ilmu Pasilian dan TBM Cahaya Ipkal Kronjo.

Dalam sambutannya, Founder TiMS (Terbit Media Sindikasi)/InfoTerbit Grup Ananta mengatakan bahwa program “Rumah Baca Anak Pekerja Migran” akan didirikan di 10 wilayah di empat kecamatan, diawali dari Kec. Mekar Baru.

Rinciannya, wilayah Kab. Tangerang; Kec. Kronjo (3 titik Rubajami), Kec. Kemiri (3 titik Rubajami), Kec. Mekar Baru (2 titik Rubajami). Untuk wilayah Kab. Serang; Kec. Tanara (2 titik lokasi).

“Kami berharap, program ini mendapat dukungan dari pemerintah. Rubajami sebagai salah satu bentuk pendampingan bagi anak pekerja migran di bidang edukasi, ” ujar Ananta.

Ketua FPMI Kab. Tangerang, Marman Sarbini,Saat di wawancarai awak media Suara Republik.News mengatakan, pendampingan terhadap anak pekerja migran sangat penting. Sebab, program ini dapat menampung dan mendidik anak-anak pekerja migran menjadi berkarakter dan penuh dengan perhatian. “Agar anak tersebut tidak melakukan penyimpangan dan dapat melanjutkan hidup dengan mandiri,Harapan saya kedepan mengajak mari kita Rapatkan barisan membantu apapun itu,khusus nya Anak anak Migran yang masih butuh perhatian dari kita, ujarnya,dan semoga seterusnya kedepan

Pemerintah dan instansi swasta Mendukung  penuh program yang diinisiasi oleh media online InfoTerbit.com bersama tegas Marman.

Lanjut

Sedangkan

Camat Mekar Baru, Miftah Shuritho mengatakan,Saya Ucapkan Terima kasih yang  sebesar besar ny dengan terselenggaranya acara ini,sebagai

bentuk kepedulian kepada anak anak yang sementara di tinggal oleh orang tuanya bekerja ke luar Negri,sehingga sangat kurang Perhatian dari Mereka,dan Semoga dengan adanya Program ini anak anak rajin membaca buku,bukan fokus main Hp,tapi dengan Rajin membaca.juga sebagai bentuk dukungan terhadap program Rumah Baca yang digagas InfoTerbit.com dan FPMI, selain mendirikan perpustakaan, Miftah juga membangun saung baca dan taman. 

“Anak-anak pekerja migran bisa memanfaatkannya untuk membaca, menambah wawasan sekaligus bermain. Jadi, kami siapkan wahana edukasi dan wahana bermain, ” kata Camat Miftah.

Sementara, Kabid PPK Disnaker, Hj. Iis Kurniati, SE mengatakan, saat ini telah terjalin sinergitas antara pihaknya dengan InfoTerbit.com dan FPMI Kab. Tangerang.

Selain menangani persoalan yang berkaitan pekerja migran, para keluarga pekerja migran juga menjadi bagian dari perhatiannya.

“Ke depan kita akan terus tingkatkan sinergi agar para keluarga pekerja migran, khususnya anak-anak yang ditinggalkan orang tua mereka bekerja di luar negeri terpenuhi pendidikan maupun kesehatannya, ” kata Iis.

Sedangkan Perwakilan UPT BP2MI Serang, Kasi Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program Berliandy SH juga berharap agar masyarakat tidak berangkat kerja ke luar negeri secara nonprosedural. Sebab, jika terjadi permasalahan di luar negeri, pihaknya akan kesulitan melakukan penanganan.

“Untuk itu, sudah jadi kewajiban kita bersama untuk mencegah calon pekerja migran berangkat secara nonprosedural, ” ujarnya.

Aneka Kegiatan

Sementara, selama berlangsungnya Launching Rumah Baca Anak Pekerja Migran juga dilaksanakan sejumlah agenda.

Diantaranya pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis oleh Puskesmas Mekar Baru, gerai mobil perpustakaan keliling oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Tangerang serta dongeng untuk anak-anak pekerja migran oleh pendongeng, Kak Jo. 

Di sisi lain, juga terdapat aneka games berhadiah, bantuan buku secara simbolis dari InfoTerbit.com-FPMI kepada KNPI Mekar Baru, bantuan buku secara simbolis dari Disnaker Kab. Tangerang kepada TBM Cahaya Ilmu Mekar Baru dan bantuan buku dari Dinas  Perpustakaan dan Arsip kepada Camat Mekar Baru.

Acara Launching ini acara Bermain anak anak denga.n penuh kegembiraan dengan Canda bersama teman,di tambah dengan Hadiah,siapa yang bisa menjawab pertanyaan dari Camat Mekar Baru,Miftah,,sorak tepuk tangan kegembiraan anak anak,”Alhamdulillah saya seneng melihat anak anak gembira,setidak nya menghibur kerinduan mereka.”lirih Miftah.

Acara launching ini berjalan dengan penuh kecerian dan tetap  menjaga Prokes(protokol kesehatan).ifhamholid.)