Suararepublik.news Tulungagung 05/06/2021,, Adanya pernyataan tentang kolam BBI didinas perikanan kabupaten Tulungagung yang disewakan beberapa saat yang lalu yang dilontarkan oleh kepala dinas perikanan saat dikonfirmasi membuat Bupati Tulungagung angkat bicara.

Maryoto Birowo selaku Bupati Tulungagung melalui pesan singkat ketika dihubungi menyangkal pernyataan kepala dinas perikanan lugu tri.h.bahwa penyewanya adalah orangnya beliau.

“Itu semua tidak benar,bahwa semua warga Tulungagung pasti kenal saya.Coba sekali lagi klarifikasi kadin perikanan,bagaimana penjelasannya nanti”tulis Maryoto di pesan singkat tanpa menyebutkan siapa penyewa kolam tersebut.

Disisi lain Susetyo Nugroho selaku PLH pktp ketika dimintai pernyataan disela acara ngopi menjelaskan terkait hal tersebut.

“Kalau dilihat hal tersebut bisa merupakan penggambaran mikro dari kondisi pemerintahan Kabupaten Tulungagung saat ini.Apalagi dengan  beralihnya fungsi dari kolam yg diperuntukkan sebagai BBI(balai benih ikan) yang selanjutnya disewakan pada pihak ke 3 dengan harga murah,padahal tahun yang lalu saja untuk rehabilitasi kolam ini menelan biaya dari APBD sekitar setengah milyar.Sekiranya perlu juga dipertanyakan kontrak serta PAD kepada  BPKAD supaya jelas.”jelas Yoyok panggilan akrab Susetyo Nugroho sambil tersenyum karena menurutnya hal tersebut adalah suatu permasalahan yang lucu.

Menurutnya (Yoyok) pencatutan nama Bupati dan Kapolres juga harus ada penjelasan dari pejabat terkait supaya masyarakat tahu kebenarannya.

“kesimpulannya hal ini bisa terjadi karena fungsi monitoring dan evaluasi(monev) tidak  berjalan baik bahkan tidak ada.”pungkas Yoyok….Yl/kbt