Suararepublik.news – Bupati Karimun Bapak Dr. H. Aunur Rafiq, M.Si memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Karimun bertempat di Balai Sri Gading Tanjung Batu, Minggu (16/5/21)

Dalam rapat tersebut turut hadir Kepala FKPD, Kapolres, Dandim, Danlanal, Sekretaris daerah, kepala OPD, Para camat, dan tokoh masyarakat. Rapat tersebut membahas fokus dalam upaya pemerintah dalam melaksanakan penanganan virus Covid-19 di karimun. Beberapa poin rapat sebagai berikut:

1. Bupati Karimun menyampaikan bahwa RSUD Tanjung Batu akan beroperasi untuk menerima pasien Covid-19 mulai besok senin (16/5)

2. Bupati karimun meminta kepada seluruh camat, lurah serta perangkat RT/RW agar lebih optimal dalam melaksanakan pemantauan bagi masyarakatnya yang sedang isolasi mandiri.

3. Bagi masyarakat yang tidak patuh dalam melaksanakan isolasi mandiri. Nantinya akan di karantina terpusat di Gedung Olahraga (GOR) Karimun

4. Masyarakat yang bepergian dengan transportasi laut antar pulau harus mengantongi surat kesehatan dan identitas serta tujuan. Bagi yang tidak melengkapi dokumen akan dikembalikan ke daerah asal. Dan jika penumpang tersebut tiba dengan kapal jam terakhir maka akan dikarantina lalu dipulangkan keesokan harinya.

5. Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat agar kembali meningkat kan protokol kesehatan dengan 5M, selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak aman minimal 1 meter dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

Seperti diketahui kabupaten Karimun mengalami lonjakan jumlah pasien Covid-19 dalam beberapa minggu. Dari data terakhir terdapat tambahan pasien Covid-19 berjumlah 11 orang sehingga total kasus aktif pasien Covid-19 berjumlah 200 orang. Komhms/srn